ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN’MENGGUNAKAN JASA LAYANAN ONLINE (GRAB) DI WILAYAH KOTA MEDAN

Austin Alexander Parhusip

Sari


Dalam studi ini bermaksud untuk menganalisis kepuasan pelanggan dan loyalitas atas keputusan untuk menggunakan layanan online (grab) dan bagaimana pengaruh kepuasan’pelanggan’dan loyalitas terhadap keputusan untuk menggunakan layanan layanan online (grab) secara partial, serta pengaruh kepuasan’dan’loyalitas pelanggan secara simultan terhadap’keputusan menggunakan’jasa layanan online (grab). Jenis’penelitian yang’digunakan’dalam riset ini adalah survei. Populasi pada’penelitian ini’adalah seluruh’masyarakat yang berada di kota Medan yang pernah melakukan pembelian atau menggunakan  aplikasi grab. Metode purposive sampling yang digunakan dalam pengambilan’sampel sebanyak’100 orang. Teknik pengumpulan’data menggunakan kuesioner’yang’telah diuji’validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis’data yang’digunakan’untuk menjawab’hipotesis adalah regresi berganda. Hasil’penelitian’ini’menunjukkan’bahwa: terdapat’pengaruh positif kepuasan yang berubah-ubah terhadap keputusan’pembelian’online (grab), terdapat pengaruh positif variabel loyalitas terhadap’keputusan pembelian’online (grab. Secara simultan kepuasan, dan loyalitas berpengaruh positif terhadap minat beli secara online.


Kata Kunci


Kepuasan; Loyalitas; Keputusan Pembelian; Tranportasi Online;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakti, I Gede Mahatma Yuda & Sumaedi Sik. 2012. An’Analysis of Library Customer’Loyalty’The’Role of Service’Quality and’Customer’Satisfaction, a’Case’Study in IndonesiaLibrary Management. Indonesian Institute of Sciences, Tangerang Selatan, Indonesia. Vol. 34 No. 6/7.

Donald, R. Cooper & Schindler Pamela S,2017, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Dolarslan, Emre S. 2014. Assessing The’Effects of’Satisfaction and’Value on’Customer Loyalty Behaviors’in’Service’Environments’High-speed Railway in’Turkey as’a Case Study Management Research Review. Department of Business Administration/Marketing, Çankiri Karatekin University, Çankiri, Turkey. Vol.37No.8.

Gumilang, bintang C. 2017. Pengaruh Kepuasan’dan’Loyalitas’Pelanggan Terhadap’Keputusan’Menggunakan’Jasa Layanan’Ojek Online di’Wilayah’Eks Karesidenan Surakarta. Universitas Muhammadiyah’Surakarta.

Hardiati, Sri & Sarwi Ruci. 1999. Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPelanggan pada Telkomsel Malang Area. Jurnal’Manajemen’dan Kewirausahaan’Vol. 1, No. 1, hal 56-64.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, EdisiKeduabelas, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2001, Manajemen’Pemasaran di’Indonesia : Analisis,Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Kursunluoglu, Emel. 2014. Shopping’Centre’Customer’Service: Creaing’Customer Satis’faction and’Loyalty. Journal facultyn of’Economic and’Business Administration’Marketing Intelligence’ & Planning Vol. 32 No. 4.Yasar University, Izmir, Turkey.2014.

Sandada, Maxwell. 2015.The Mediating’Influence Of’Passenger Satisfaction’On TheReLationship Between’Passenger Loyalty’Programmes And’Passenger Loyalty. Studia’Universitatis Babeș-Bolya’ Oeconomica, Zimbabwe: University Zimbabwe, Volume 60, Issue 3.

Stanton, William J., 2001, Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Cetakan Kesebelas. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein, 2003, Riset’Pemasaran dan’Perilaku’Konsumen, GramediaPustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.107-118

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241