PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BELANJA ONLINE DENGAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI BELANJA ONLINE LAZADA DI KOTA MEDAN)

Austin Alexander Parhusip, Sri Rahayu Kiem, Tabliq Kurniawan Dalimunthe

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P (product, price, people, promotion) terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan aplikasi belanja online. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan dalam bauran pemasaran yaitu tiga hal yaitu harga, promosi, dan produk sebagai variabel intervensi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian belanja online merupakan pertanyaan yang akan diteliti. Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis model persamaan struktural (SEM) berbasis varian yaitu partial least squares (PLS). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan teknik survey pada konsumen aplikasi lazada.co.id  di Medan dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diperoleh dari perhitungan yang mana presisi sampling eror 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada 2 hipotesis yang ditolak yaitu pengaruh produk terhadap keputusan pembelian dimana nilai t statistic sebesar 0,842 dengan p values sebesar 0,400 dan pengaruh promosi terhadap produk dimana nilai t statistic sebesar 1,836 dengan p values 0,67 dimana kedua hipotesis tersebut nilai t statistiknya kurang dari 1,96 dan p valuesnya lebih besar dari 0,05, sedangkan hipotesis yang lain seperti persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembalian dengan t statistik 1,982, p value sebesar 0,048, persepsi harga terhadap produk dengan nilai t statistic sebesar 4,485 dan nilai p value sebesar 0,000, begitu juga pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dengan nilai t statistic sebesar 3,034, nilai p value sebesar 0,003 ketiga hipotesis tersebut diterima dikarekan nilai t statistinya lebih besar dari 1,96 dan nilai p value kurang dari 0,05. Sedangnkan hipotesis produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui promosi ditolak.


Kata Kunci


Produk; Persepsi Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Riza. 2010. Analisis Anteseden Green Brand Equity dan Hubungannya Dengan Customer Loyalty (Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Kota Solo). Universitas Sebelas Maret. Solo.

Ayu, Putu dan Sudiksa, Ida Bagus. 2013. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Agung Automall Denpasar. Universitas Udayana. Denpasar

Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Hasibuan, Malayu SP. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 8. Jilid 1.

Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 2. PT.Index Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jilid 1. PT.Index Kelompok Gramedia, Jakarta.

Laroche, M., Bergeron, J., dan Forleo, G.B. 2001. Targeting Customers Who Are Willing to Pay More For Environmentally Friendly Products. Corcordia University, Montreal, Quebec. Journal of Consumer Marketing. VOL.18 No.6 2001, pp. 503- 520, MCB University Press, 0736-3761. Canada.

McDonald, Malcolm. 2003. Marketing Plans. 5th Edition. Butterworth Heinemann. Singapore.

Malhotra, K Naresh. 2010. Marketing Research. 6th edition. Prentice Hall, Inc. United States of America.

Marhadi, Ayu,Nursyamsi dan Noviasari,Henni. 2013. Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru. Universitas Riau. Pekanbaru.

Ridhwan, Ria Maharani. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda All New Jazz di Kota Malang. Universitas Brawijaya. Malang.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Lazar. 2008. Customer Behaviour. 7th Edition. PT. Indeks. Jakarta.

Stanton, William J. 2004. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ketujuh. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabet. Bandung

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi 1.

Graha Ilmu. Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta. Tjiptono,

Fandy. 2000. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Cetakan kedua: Januari. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Rajawali Pers. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.1.2021.01-14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241