ANALISIS KLAIM ASURANSI DI PT.PRUDENTIAL SYARIAH CABANG KOTA MEDAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

Siti Kadariah, Asih Andriani

Sari


Asuransi Syariah pada saat ini tidak asing lagi akan tetapi banyak dari masyarakat yang belum mengetahui sistem pembayaran klaimnya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembayaran klaim asuransi manfaat tambahan dan bagaimana analisis menurut perspektif Ekonomi Syariah tentang sistem pembayaran klaim asuransi pada PT. Prudential Syariah.Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan awal Januari 2020 sampai dengan selesai. Adapun wilayah penelitian ini dilakukan di PT. Prudential Syariah Cabang Kota Medan, Populasi dalam penelitian ini pimpinan PT. Prudential Syariah Cabang Medan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah obvservasi, wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pembayaran klaim asuransi manfaat tambahan yang diberikan PT. Prudential Syariah dengan dua cara yakni, pembayaran secara provider (sistem pembayaran yang langsung dibayar oleh PT. Prudential Syariah , karena rumah sakit tersebut merupakan rekanan PT Prudential Syariah) dan reimbusment (nasabah membayar sendiri semua biaya perawatan, kemudian nasabah mengajukan klaimĀ  ke PT. Prudential Syariah dengan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan).Sehingga menurut tinjauan ekonomi Syariah sistem pembayaran klaim asuransi manfaat tambahan PT. Prudential Syariah tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi syariah.

Kata Kunci


Klaim; Asuransi Syariah; Ekonomi Syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kasmir. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : Rajawali Pers

Partanto A Pius dan M. Al barry Dahlan. (1994). Kamus Ilmiah Popule. Surabaya: Arkola.

Sula Syakir Muhammad.(2004).Asuransi Syariah (Life And General): Konsep dan SistemOperasional.Jakarta: Gema Insani Press.

Hartono Dicki. (2012) Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Soemitra Andri, (2010). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana.

www.asuransiprudential.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.2.2020.206-212

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241