PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY DAN SEVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MARHAMAH PADA PT. BANK SUMUT CAPEM SYARIAH KARYA

Yolanda Maysarah Pohan, Santi Arafah

Sari


Penelitian ini membahas tentang pengaruh relationship quality dan service quality terhadap loyalitas nasabah tabungan marhamah pada PT. Bank Sumut Capem Syariah Karya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitati dengan mengolah data melalui kuesioner yang di berikan kepada nasabah tabungan marhamah sebanyak 90 responden dengan menggunakan teknik non probability convenience sampling. Data yang diperoleh dikelola menggunakan SPSS versi 16.0 dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan reabilitas, uji statistik meliputi uji t, uji f, serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil output SPSS versi 16.00 menunjukan bahwa variabel X1 (relationship quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (loyalitas nasabah) dimana nilai signifikansi X1 sebesar 0,000 < 0,05. Variabel X2 (service quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (loyalitas nasabah) dimana nilai signifikansi X2 sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat di simpulkan bahawa semakin tinggi tingkat kepuasan nasabah yang diberi bank sumut capem syariah karya maka semakin tinggi pula loyalitas nasabah tabungan marhamah.


Kata Kunci


Relationship Quality, Service Quality; Loyalitas nasabah tabungan Marhamah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Situmeang, A. P. (2018). Produk tabungan mudharabah marhamah pada Bank Sumut Syariah KCP HM Joni (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di Pt. Unilever, Tbk. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(2), 228-239.

Ismail, M. B. A. (2017). Perbankan Syariah. Kencana.

Junaeka, E, E. (2013). Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyallitas Nasabah, Skripsi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Kusmayadi, T. (2007). Pengaruh relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan. STIE STAN Indonesia Mandiri.

Muhamad, Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2014.

Murtani, Alim. (2019) PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAHCABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE,1(2), 177-188.

Putri, F. E. C. (2018). Pengaruh Service Quality dan Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah BRI Syariah KC Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Ritonga, N.H. (2010). Pengaruh Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Tabungan Marhamah Pada Bank Sumut Syariah Cabang Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sakina, F.F.A. (2019). Pengaruh Service Quality Dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Tulungagun. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Saparso, S.W. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah” .Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Tarsito, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suyanto, T. (2007). Kelembagaan Perbankan jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.2.2020.132-143

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241