PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GERAI ALFATIH
Sari
Penelitian ini merupakan kajian ilmiah yang membahas tentang pengaruh pemanfaatan e-commerce, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Gerai Alfatih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-commerce, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini peneliti memilih objek penelitian yaitu konsumen Gerai Alfatih sebanyak 75 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat lapangan dengan pendekatan deskriptif yaitu berupaya memperoleh data-data atau informasi dari lapangan lalu kemudian dianalisa lebih lanjut dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22 kemudian diambil kesimpulan. Adapun sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan membagikan kuesioner kepada responden yang dilakukan melalui media sosial dan juga sumber lain seperti buku, jurnal, dan lain-lain yang berkaikan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Gerai Alfatih. Hal ini terlihat dari nilai signifikan yang diterima adalah (0,141 > 0,05) dan nilai t hitung > t tabel yaitu (1,489 < 1,666). Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Gerai Alfatih. Hal ini terlihat nilai signifikan yang diterima adalah (0,029 < 0,05) dan nilai t hitung > t tabel yaitu (2,236 > 1,666). Kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Gerai Alfatih. Hal ini terlihat nilai signifikan yang diterima adalah (0,001 < 0,05) dan nilai t hitung > t tabel yaitu (3,328 > 1,666). Secara silmutan variabel e-commerce, kualitas pelayanan dan kualitas produk memiliki pengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian berdafarkan uji F dimana F hitung > F tabel (38,161 > 2,160). Hal ini berarti hipotesis Ha diterima, artinya e-commerce, kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Gerai Alfatih.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky Assila ULFA). Bisei:Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).
ARAFAH, S., & TANJUMG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Hutagalung, M. A. K., Fitri, R, & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.
Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.
Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nugroho, A. S. (2016). E-commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibra.
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/al-qasd.2.2.2020.105-116
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi Jurnal Al-Qasd: Islamic Economic Alternative. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241