APLIKASI DASHBOARD SISTEM EVALUASI HASIL BELAJAR UNTUK MENGETAHUI PRESTASI SISWA PADA SMA PGRI 109 TANGERANG

Deddy Hidayat, Nina Oktapia, Pamor Astomo, Eva Mariana

Sari


Pada  saat  ini  komputer  sudah  memasuki  hampir  semua  bidang  telah  menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mendukung evaluasi, analisis dan efektifitas serta pengambilan keputusan dan  kebijaksanaan, seperti salah satunya pendidikan. Dengan perkembangan teknologi bisa dimaanfatkan membantu aktifitas penilaian siswa yang lebih  efektif  dan  efisen  dibanding  dengan  secara  manual.
Rumusan  masalah  pada penelitian  ini,  Bagaimana  sistem  informasi  yang  sedang  berjalan  dalam  bentuk manual  dapat  menjadi  terkomputerisasi.  Penelitian  ini menggunakan  metode pengumpulan  data  seperti observasi,  wawancara,  studi  pustaka,  interview  dan elisitasi.  Untuk  analisa  penelitian  ini  menggunakan metode  analisis  critical  success factor  (CSF). Dari pengumpulan data dan analisis ditemukan bahwa penilaian siswa masih belum efektif dan efisien. Ruang lingkup penilaianhasil belajar peserta didik mencakup Kurikulum  2013  merupakan  pengembangan  atas  kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tingkat satuan
pendidikan atau yang   biasa disebut KTSP. Penerapan kurikulum  2013  sekolah  lebih  dapat memaksimalkan  kemampuan  dan  mencoba menekan  kelemahan  bagi  diri  dan  lembaganya  sehingga dapat  mengoptimalkan pemanfaatan  sumber  daya  yang  tersedia  untuk  memajukan  lembaganya sehingga dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 lebih memfokuskan semua mata pelajaran harus mendukung semua  kompetensi  baik dalam sikap,  keterampilan dan pengetahuan. Pada tahun 2013, pemerintah telah menetapkan beberapa  sekolah untuk ditunjuk menggunakan kurikulum 2013 dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan standar proses yang berlaku yang menjadikan konsep Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju  arah dan  tujuan  yang dimaksudkan  dalam  kegiatan  pembelajaran  secara  menyeluruh.Konsep  penilaian
dengan  menggunakan  berbasis  website  ini  menyediakan  banyak  kemudahan  dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep sistem penilaian secara manual, karena kurangnya pembuatan laporan yang kurang maksimal serta lambatnya memberikan hasil  laporan  penilaian.  Hasil dari pengembangan aplikasi dashboard ini adalah sebuah system dashboard yang menampilkan data barupa chart atau diagram dimana data ini berguna untuk membantu dalam pengambilan keputusan dalam mengetahui prestasi belajar siswa.

Kata Kunci


Evaluasi; Siswa; Nilai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sutabri, Tata. 2012. "Analisa Sistem Informasi". Yogykarta: Andi Offset

Sutarman, 2012. “Buku Pengantar Teknologi Informasi”. Jakarta Bumi Aksara.

Yakub, 2012. "Pengantar Sistem Informasi". Yogyakarta : Graha Ilmu

Ward, John., Peppard, Joe. 2002. Strategic Planning for Information System.Cranfield, Bedfordshire, United Kingdom: JohnWiley & Sons, LTD.

Jogiyanto, (2005), Analisis dan Disain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Cetakan

Ketiga, Andi, Yogyakarta. 126.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241