APLIKASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI INOVASI PROMOSI OBJEK WISATA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Imam Tahyudin, Dhanar Intan Surya Saputra

Sari


Kabupaten Purbalingga adalah salah satu kabupaten yang kaya akan potensi wisata. Perkembangan dunia wisata di Kabupaten Purbalingga terus menunjukan tren positif. Salah satu wisata yang pendapatannya melampaui target PAD yaitu Owabong. Tetapi dalam perkembangannya terjadi kurangnya pemerataan
pengenalan objek wisata. Kurangnya pemerataan pengenalan objek wisata di Kabupaten Purbalingga salah satu Penelitian ini bertujuan untuk membuat inovasi promosi obyek wisata menggunakanTeknologi Augmented Reality (AR). Metode pembangunan aplikasi ini menggunakan extreme programming. Pada penelitian ini, penulis menyajikan media promosi melalui brosur dengan integrasi Augmented Reality
menggunakan engine Layar Android sebagai solusi pintar, mudah, cepat untuk mengetahui objek wisata Purbalingga secara menarik melalui sebuah Brosur khusus sehingga setiap orang dapat mengetahui real objek wisataPurbalingga yaitu berupa video dan audio.

Kata Kunci


Aplikasi; Augmented Reality; Promosi; Pariwisata; Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Hardiansyah, Fadilah Fahrul, 2012, Augmented Reality Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis Android, Institut

Teknologi Sepuluh Nopember

. Hasan, Ellyda. 2010. Contoh Proposal PKMT. Surabaya : Scribd (http://id.scribd.com/doc/94890490/contohproposal-PKMT, di akses pada tanggal 29 September 2013, pukul 10.00 WIB)

. Jatengprov.2014. Pengembangan Pariwisata di Purbalingga Perlu Gebrakan Monumental.(http://www.jatengtime.com/20

/reg/jateng/purbalingga/pengembanganpariwisata-di-purbalingga-perlu-gebrakanmonumental/#.U1cyDfl_vmg,

di akses pada tanggal 22 April 2014, pukul 10. 30 WIB)

. Noegroho, Arif. 2013. Purbalingga Raih The Most Improved TCTA Award 2013. (http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/ news/2013/12/22/184240, di akses pada tanggal 22 April 2014, pukul 10.26 WIB)

. Huang Ruei, Bai, 2012, Mobile Augmented Reality Based on CloudComputing, National Taiwan University of Science and

Technology

. Mukhlis, Yuzti Perdana, 2012, Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran OrganPernapasan Manusia Pada Smartphone Android, Jurnal Teknik Informatika, Vol 1 September 2012.

. Mugni, Ilham, 2012. SIG (Sistem Informasi Geografis) Objek Wisata di Kota Bandung menggunakan Google Maps dan Augmented Reality. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=203946. di akses pada tanggal 22 April 2014,

pukul 10.26 WIB).

. Saputra, Utami, Sunyoto. 2013. Penerapan Mobile Augmented Reality Berbasis Cloud Computing Pada Harian Umum Radar Banyumas. Seminar Nasional Informatika 2013 (SemnasIF 2013) UPN „Veteran” Yogyakarta, 18 Mei 2013. ISSN : 1979 – 2328.

. Widodo, 2008. Extreme Programming : Pengembangan Perangkat Lunak Semi Formal. E-Indonesia Initiative 2008

(eII2008). Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia 21-23 Mei 2008, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241