PENERAPAN METODE SAW DALAM MENENTUKAN NASABAH YANG LAYAK MENDAPATKAN PEMBIAYAAN MIKRO BERDASARKAN NILAI AGUNAN

Ulfah Indriani

Sari


Pembiayaan mikro adalah jenis pembiayaan atau pinjaman yang diperuntukkan bagi perseorangan maupun badan usaha sebagai bentuk bantuan dalam modal usaha maupun untuk keperluan lainnya. Tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk dijadikan sebagai modal usaha. Untuk itu hadirlah jasa penyedia pembiayaan mikro yang mampu memberikan dana pinjaman sampai jumlah tertentu untuk membantu
perseorangan maupun badan usaha untuk mengembangkan usahanya. Namun tidak semua nasabah yang mengajukan pinjaman dapat diterima. Karena pengajuan agunan menjadi salah satu syarat bagi nasabah untuk bisa mendapatkan pinjaman. Sehingga diterapkan metode Simple Additive Weighting dalam menentukan nasabah mana saja yang layak mendapatkan pembiayaan mikro berdasarkan nilai agunan yang diajukan.

Kata Kunci


Simple Additive Weighting; Pembiayaan Mikro; Nilai Agunan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


P.A., Nur Rochmah Dyah dan Armandira Maulana P. (2009). “Sistem Pendukung Keputusan Perencanaan Strategis Kinerja Instansi Pemerintah Menggunakan Metode AHP”.Jurnal Informatika, Vol. 3, No. 2.

S., Henry Wibowo, et al.(2009),“Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM”.Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Valensia, Verina, et al. (2012). “Aplikasi Tutorial Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting”.Jurnal Teknik Informat ika, Vol. 1.

Wahid, Asep Abdul, et al. (2012). “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Pemesanan Barang”.Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 9, No. 22.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241