SISTEM APLIKASI UNTUK MENENTUKAN KUALITAS BUAH MANGGIS BERBASIS WEB (PERKEBUNAN BAPAK H. BAMBANG) DI TANGGAMUS LAMPUNG

Rita Irviani M.M., Nur Aminudin M.T.I., Warsito .

Sari


Manggis (Garcinia mangostana Linn.) merupakan salah satu komoditas buah tropis primadona ekspor Indonesia, hal ini dapat dilihat dari ekspor buah-buahan Indonesia didominasi komoditas manggis, yaitu pada tahun2006 (Radar Tanggamus, 04 September 2012). Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung telah berhasil menembus pasar ekspor buah manggis ke negara tujuan Singapura dan Taiwan dalam upaya meningkatkan pemasaran dengan volume ekspor 30 persen dari total produksi, dan jumlah ini dinilai masih kecil karena
dihadapkan kendala berupa ketatnya persyaratan ekspor. Penelitian dilakukan untuk menentukan kualitas buah manggis di Tanggamus Lampung yang dilakukan dengan metode Simple Aditive Weighting (SAW), serta  menggunakan aplikasi Visual Basic 6.0. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penelitian.

Kata Kunci


Buah Manggis; Metode Simple Aditive Weighting (SAW); Aplikasi Visual Basic 6.0

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Manggis.

Jakarta.

. Departemen Pertanian Republik Indonesia, Direktorat Tanaman Buah. SPO Manggis. 2004. Jakarta.

. Firdaus, H dan Marimin. 2004. Sistem Intelijen Penilaian Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard. Program Study Teknologi Industri Pertanian, Sekolah Pascasarjana IPB. Bogor.

. Poerwanto, R. 2002. Peningkatan Produksi dan Mutu untuk Mendukung Ekspor Manggis. Seminar Agibisnis Manggis,

Purwakarta.

. Mahendra, MS. 2002. Peningkatan Pascapanen Manggis untuk Ekspor. Makalah Seminar Agribisnis, Purwakarta.

. Afshari, Alireza, Mojahed, Majid, Yusuff, Rosnah 2010. Simple Additive Weighting approach to Personel Selection Problem. International Journal of Innovation, Management, and Technology 1 (5).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241