PENENTUAN SUSU BAYI TERBAIK DENGAN AHP

Ratih Adinda Destari

Sari


Metode Analytical Hierarcy Process merupakaan  metode  terstruktur  terdiri  dari  Goal,  Kriteria dan Alternatif yang mampumemberikan penilaian secara objektif dari beberapa kriteria untuk memperoleh hasil dan mampu mengembangkan nilai  bobot dan mensintesis berdasarkan pertimbangan yang tepat untuk menentukan rangking pemilihan susu bayi secara efektif dan efisien dalam menentukan keputusan. Keterhubungan sistem pendukung keputusan (SPK)  dapat menyelesaikan permasalahan dan mampu memberikan solusi yang dibutuhkan baik dari segi informasi, permodelan dan pemanipulasian data dalam situasi terstruktur dan situasi kurang terstruktur sehingga sistem pendukung keputusan (SPK) mampu melakukan penilaian dari perubahan kriteria dan perubahan nilai bobot  yang diperoleh. Susu bayi berperan sebagai sumber gizi  dan energy untuk dikomsumsi,  dari produk susu  bayi tersebut mengandung gizi yang tinggi seperti Asam Arachidonat (AA), Decosahexaenoic acid (DHA), Probiotik/ Simbiotik, Protein dan Mineral yang dibutuhkan oleh usia bayi di bawah 0-6 bulan untuk perkembangan otak, jaringan otot dan tulang rangka dan yang berfungsi sebagai pengganti ASI yang memiliki manfaat bagi tingkat perkembangan bayi.

Kata Kunci


Superdecision; Analitycal Hirarky Process (AHP); Susu Bayi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eva Latifa, et.al,(2010). Pengaruh Pemberian Pengaruh Asi Dan Stimulasi Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial

Emosi Anak balita Pada Keluarga Ibu Berkerja Dan Tidak Berkerja, Vol 3, No.1, Januari.

M. Yousefi Nejad Attari, et.al. (2012). A Decision Making Model For Qutsourcing Of manufacturing Activities By ANP And

DEMATEL Under Fuzzy Environmenx, Vol 23. Number. 3 (2012.).

Ening Ariningsih, (2008).Pengembangan Industri Pengolahan Susu Dalam Upaya Peningkatan Komsumsi Susu dan ProdukProduk Olahan Susu Di Indonesia, Seminar Hari Pangan Sedunia XXVII, (2008).

Riska Devi Nur Arin,et.al, (2013). Penilaian Kinerja Pemasok Susu Segar Menggunakan Metode Analytic Network Process Dan

Rating Scale Study Kasus Di Pusat Koperasi Industri Susu Sekar Tanjung Pasuruan, Vol.14, No. 2. Agustus (2013).

Fuadi Arif,et.al, (2010). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Mengukur Minat Siswa Dalam Memilih Ekstrakulukuler Pada SMA

Negri 1 Haru Menggunakan Metode AHP Dan Didukung Oleh Software Super Decision, (2010).

Iskandar Z. Nasibu, (2009). Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerapan Karyawan Menggunakan Aplikasi Expert Choice, Vol. 2, No. 5. Mei (2009).

Trianita Resmawati, et.al (2013). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Susu Berbasis Analisis Conjoint Dengan Mengggunakan Metode Presentasi Pairwise Comparison, Proseding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponogoro, (2013).

Hasyim, et.al. Perbandingan Susu Sapi Dengan Susu Kedelai Tinjauan kandungan Dan Biokimia Absorbsi, (2013).

Hamzah, et.al (2010). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard, Seminar nasional Informatika. Universitas Respati Yogyakarta, (2010).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241