PENERAPAN TEKNOLGI WIRELESS APPLICATION PROTOCOL UNTUK PEMESANAN TIKET TAXI BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : BORNOE TAXI)

Susanti Margaretha Kuway

Sari


Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat memungkinkan banyak orang untuk mengakses berbagai informasi secara cepat dan akurat.  Salah satu teknologi yang sedang populer saat ini adalah mobile technology dimana teknologi ini dapat digunakan diberbagai sektor kehidupan salah satunya adalah sektor pemesanan tiket. WAP (Wireless ApplicationProtocol) membawa informasi secara online melalui internet langsung menuju ponsel atau handphone. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem pemesanan tiket melalui mobile yang memanfaatkan teknolgi WAP. Penelitian berbentuk studi kasus, metode Rapid Application Development (RAD) sebagai metode perancangan sistem, alat pemodelan sistem adalah Unified Modeling Language (UML), bahasa pemrograman menggunakan WML (Wireless Markup Language) dan Opera Mobile Emulator for desktop 21.1 sebagai tools untuk simulasi. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem pemesanan tiket berbasis mobile dengan memanfaatkan teknologi WAP. Penerapan teknologi WAP memungkinkan calon penumpang dapat mengakses informasi dan memesan tiket dengan menggunakan perangkat handphone yang dikategorikan tidak canggih seperti iPhone dan handphone berbasis Android. Hadirnya sistem ini sangat membantu masyarat untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan membantu pemilik usaha dalam memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada calon penumpang.

Kata Kunci


Pemesanan Tiket; mobile; Taxi; RAD; UML dan interkoneksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afuan, Lasmedi., 2009, Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Teknologi WAP Sebagai Media Promosi Komoditas Pariwisata Di

Banyumas., Telematika 2.2.

Limasal, Francois Stefen, and Z. Teddy Marcus., 2012, Sistem Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat M-AirLines System Berbasis WAP., Jurnal Sistem Informasi 2.2.

Tjiharjadi, Semuil, and Sendy Sendy., (2015), Aplikasi Sistem Pemesanan Barang Menggunakan WAP., Jurnal Informatika 1.2.

Suastuti, Ni Luh., 2012, Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Terhadap Produk Freestanding Restaurant

di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Kabupaten Badung., Jurnal Ilmiah Pariwisata 2.1.

Wijaya, Sidiq Wahyu Surya, Agus Mulyanto, and M. Mustakim., 2010, Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Berbasis Web Dan WAP., Jurnal, Program Studi Teknik InFormatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281.

Yudatama, Uky., 2008, Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile., Jurnal Teknologi 1.2 212218.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241