PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA SEBAGAI PROBLEM SOLVER DALAM GAME SUDOKU BERBASIS ANDROID

Yusfrizal .

Sari


Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli terkait dengan pengembangan aplikasi permainan dan pencarian solusi (problem solver) Sudoku. Penelitian ini dilakukan dengan memasukan peraturan permainan Sudoku ke dalam komputer untuk kemudian diproses dengan algoritma tertentu yang ditujukan untuk mencari solusi (problem solver) terbaik dari persoalan Sudoku tersebut. Banyak penelitian yang dilakukan
dengan menerapkan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) pada komputer untuk memecahkan masalah ini. Kecerdasan buatan ini bertujuan agar komputer memiliki kecerdasan sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti yang dilakukan oleh manusia. Sudoku terdiri dari berbagai macam tingkat kesulitan. Semakin sulit soal, tentu akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan soal tersebut.
Adakalanya dalam mengerjakan kita mengalami jalan buntu, untuk itu penulis membuat aplikasi yang dapat menemukan solusi dengan input yang acak namun tetap terikat pada peraturan dasar Sudoku dengan menggunakan metode Algoritma Genetika dan pemenuhan konstrain. Karena keunikan sifat Algoritma Genetika ini, maka dipilih Algoritma Genetika untuk pembuatan aplikasi Sudoku ini dimana hasil yang akhir yang didapat merupakan hasil kromosom (solusi) yang terbaik (solusi optimal). Dengan penerapan Algoritma
Genetika, didapatkan hasil berupa problem solver yang lebih optimum dengan dihasilkannya mutasi yang terus-menerus untuk mencapai solusi, sehingga solusi akan lebih cepat tercapai.

Kata Kunci


game sudoku; artificial intelligence; solusi (problem solver); algoritma genetika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusumadewi, Sri, 2009, Artificial Intelligence, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Dadang Sudrajat, 2010, Perancangan Aplikasi Game Aritmatika pada Handphone untuk Melatih Kemampuan Berhitung Kelas

dan 2 Sekolah Dasar Negeri II Ciperna Kabupaten Cirebon, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IKMI, Cirebon.

Katharina Candra Puspita, 2011, Implementasi Algoritma Backtracking Dengan Optimasi Menggunakan Teknik Hidden Single Pada Penyelesaian Permainan Sudoku, Jurnal Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Sukisman Purtadi, 2011, Menggali Nilai Edukasi Sudoku Kimia, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia,

Yogyakarta.

Bhakti Yudho Suprapto, 2012, Metode Algoritma Genetika dengan Sistem Fuzzy Logic untuk Penentuan Parameter

Pengendali PID, Jurnal Rekayasa ElektrikaVol. 10, No. 1, Palembang.

Nora Azmi, 2013, Penjadwalan Pesanan Menggunakan Algoritma Genetika untuk Tipe Produksi Hybrid And Flexible Flowshop pada Industri Kemasan Karton, Jurnal Teknik Industri, Bogor.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241