PENERAPAN METODE SAW DALAM PENYELEKSIAN SISWA BARU (AIRLINES STAFF) PADA LPP PENERBANGAN

Safrizal .

Sari


Kegiatan Seleksi Siswa Baru merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Quantum Leraning & Training Centre (QLTC) setiap tahunnya. Kenyataan dilapangan bahwa pihak QLTC kurang siap dalam penyelenggaraan seleksi siswa baru khususnya untuk penerimaan siswa Airlines Staff, untuk merekrut siswa baru harus sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh instansi maskapai. Oleh karena itu penulis ingin merancang suatu sistem yang dapat membantu pihak QLTC dalam pengambilan keputusan Siswa Baru khususnya Airlines Staff, sehingga dapat lebih efesien dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu penulis tertarik membantu permasalahan yang terjadi pada lembaga-lembaga pendidikan dan Pelatihan QLTC. Salah satu metode yang digunakan dalam Sistem Pendukung Keputusan adalah metode Simple Additive Weighting Method (SAW). Kriteria yang digunakan dalam proses penyeleksian adalah Umur, Tinggi Badan, Kesehatan,
Penampilan dan kemampuan berbahasa inggris. Hasil dari perhitungan dalam penyeleksian calon siswa baru khususnya airlines staff yang dilakukan oleh sistem akan memberikan informasi berupa perangkingan nilai tertinggi ke rendah yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan oleh user atau pihak manajemen.

Kata Kunci


Sistem Pendukung Keputusan; Penyeleksian Calon Siswa baru; Airlines Staff; SAW

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusumadewi, Sri. (2007). Diktat Kuliah Kecerdasan Buatan, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri,

Universitas Islam Indonesia.

Ita Arfyant i, Edy Purwanto, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman Pada Bank

Rakyat Indonesia Unit Segiri Samarinda Dengan Metode FuzzyMADM (Multiple Attribute Decission Making) Menggunakan SAW (Simple Addit ive Weight ing),” Semantik 2012, ISBN 979 -26 - 0255 - 0, 23 Juni 2012.

Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy MultiAttribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Krismelan, Ade. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Pada SMA Theresiana Weleri Kendal

menggunakan Metode SAW, http://eprints.dinus.ac.id/ 13028/1

/jurnal_13361.pdf, diakses pada tanggal 5 Januari 2015.

Henry Wibowo S, (2010), Jurnal Aplikasi Uji Sensitivitas untuk model MADM menggunakan metode SAW dan TOPSIS.

Munawar, (2005), Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241