ANALISIS FITUR E-LEARNING PADA KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN MODEL DESCRIPTIVE-EXPLANATORYEXPERIMENTAL

Rizky ., Isnanto Adi Prasetyo, Hari Agung Budi

Sari


Saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan yang berkaitan dengan dunia pendidikan karena perubahan
dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran tematik yang diteliti dengan pendekatan ilmiah. Unsur-unsur pendekatan ilmiah versi Kemendikbud yang terdiri dari mengamati, menanya, mencoba, dan membentuk jejaring, dituangkan dalam bentuk keterampilan proses yang disesuaikan dengan model Descriptive-Explanatory-Experimental (DEE). Perubahan kurikulum ini tentu bukan tanpa masalah, masalah yang marak terjadi antara lain dibutuhkannya media pembelajaran baik untuk guru maupun siswa agar tidak terjadi kesalahpahaman pada proses belajar maupun mengajar, serta media pembelajaran berbasis IT baik untuk guru maupun murid. Hal ini tentu membuka peluang bagi para praktisi informatika untuk menerapkan e-learning pada permasalahan yang
terjadi dalam penerapan Kurikulum 2013. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat sekarang dan
disesuaikan dengan model DEE yang mewakili unsur-unsur pendekatan ilmiah pada Kurikulum 2013. Pada tulisan ini peniliti menganalisis kebutuhan fitur e-learning sebagai media pembelajaran berdasarkan model DEE dan hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi para praktisi informatika khususnya dalam tahap desain.

Kata Kunci


Analisis Fitur; Kurikulum 2013; Model DEE; E-learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


berkas.dpr.go.id/pengkajian/files/info_singkat/Info%20Singkat­IV­24­II­P3DI­Desember­2012­10.pdf (diakses 12 April 2015)

Felano, R., 2013, Analisis Dan Perancangan E-Learning Berbasis Web Di Sma Mardi Yuana Depok. Skripsi. Universitas Gunadarma.

Pujiastuti P, 2013, Pemgembangan Model Pembelajaran Integratif (Science Process Skills, Cmap Tools, dan CUE

Framework) Guna Membekali Kemampuan Pembelajaran Tematik. Penelitian Fundamental,. h.45-46.

Dimyanti dan Mudjiono, 2010, Belajar dan Pembelajaran,Penerbit Rineka Cipta,.h.16

M.F Atsnanm, 2013, Penerapan Pendekatan Scientific dalam

Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan

Matematika FMIPA UNY. h.431-434.

Pujiastuti P, 2013,Pemgembangan Model Pembelajaran Integratif (Science Process Skills, Cmap Tools, dan CUE

Framework) Guna Membekali Kemampuan Pembelajaran Tematik. Penelitian Fundamental,. h.45-46.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241