ANALISIS KEPUASAN DOSEN TERHADAP MANAJEMEN PADA UNIVERSITAS XXX BERBASIS WEB

Andi Sanjaya

Sari


Pentingnya kepuasan terhadap stakeholder pada sebuah perusahaan khususnya pada sebuah universitas sangatlah penting. Kepuasan pada stakeholder di sebuah universitas sangat bermanfaat untuk membentuk manajemen universitas menjadi lebih baik lagi. Analisis terhadap kepuasan stakeholder pada universitas, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk manajemen universitas khususnya para dosen. Dosen pada sebuah perguruan tinggi menjadi salah satu elemen terpenting. Oleh sebab itutingkat kepuasan dosen
terhadap manajemen suatu universitas sangat penting diperhatikan agar dosen dapat menunaikan kewajiban
dengan baik dan mendapatkan hak sebagai mana mestinya. Dengan melihat betapa pentingnya menilai kepuasan terhadap dosen dengan manajemen kampus, peneliti melakukan analisis kepuasan dosen terhadap manajemen universitas XXX menggunakan quesioner berbasis web agar para dosen dapat dengan mudah mengakses dan memberikan penilaian terhadap manajemen universitas. Responden pada penelitian ini adalah dosen langsung pada universitas XXX. Variabel penilain di tentukan oleh pihak kampus sebagai bahan
evaluasi pihak kampus untuk mengetahui seberapa baik kepuasan dosen terhadap kebijakan-kebjikan universitas kepada dosennya. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian variabel dengan nilai tertinggi adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar dan peniliaian terhadap variabel terendah adalah Kebijakan reward untuk dosen berprestasi. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa, pihak manajemen uinversitas dapat memperbaiki tingkat kepuasan dosen berupa kebijakan reward untuk dosen
berprestasi.

Kata Kunci


kepuasan dosen; manajemen universitas; berbasis web.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahman Abdul& Supomo Heri,Sunaryo, 2012,Analisa Kepuasan Pelanggan pada Pekerjaan Reparasi Kapal dengan Metode Quality Function Deployment (QFD),JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, No. 1(Sept. 2012) ISSN: 2301-9271.

Puspitasari Desi,Analisi Kepuasan Konsumen terhadap Pengguna Speedi pada PT. TELKOM,2012,Uniersitas Bina Darma,

Palembang.

Oktaviani Wahyu Riandana & Suryana Nurmalina Rita, Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro, Jurnal Agro Ekonomi, Volume 24 No. 1, 2006, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Haridiati Ratih, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agro

Wisata Kebun Teh Pagilaran, 2010,Universitas Dipenegoro, Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241