EVALUASI TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA E-SELLING APPLICATION SYSTEM

Sandy Kosasi

Sari


Kecenderungan pihak manajemen yang hanya memfokuskan aspek strategi dan resiko bisnis tanpa memahami dan memiliki perencanaan dan organisasi strategi tata kelola teknologi informasi menyebabkan pengelolaan aplikasi E-SAS menjadi tidak terpusat sehingga menurunkan produktivitas kerja. Kesenjangan ini menyebabkan dalam proses perencanaan dan organisasi menjadi kurang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dan sasaran bisnis perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui nilai kesenjangan dari tingkat kematangan yang ada dengan yang diharapkan dari sisi domain PO (Plan and Organize) dan merekomendasikan model tata kelola teknologi informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1. Tingkat
kematangan tata kelola teknologi informasi penerapan E-SAS sisi domain PO menunjukkan rata-rata 2,782 dan berada dalam skala 2,51-3,50 pada tingkat ke 3 (defined process). Nilai paling rendah pada proses PO8 (mengelola kualitas) dengan nilai 2,600. Tata kelola teknologi informasi PO8 memiliki hubungan dan keterkaitannya dari control objective input berupa PO1, PO10, ME1 dan sebagai control objective output meliputi AI1, AI2, AI3, AI5, dan DS2; PO10, AI1, AI2, AI3, dan AI7; ALL; PO4 dan AI6. Untuk mencapai tingkat kematangan yang diharapkan, manajemen harus memiliki mekanisme perencanaan dan organisasi yang tepat sasaran, mendefinisikan arsitektur informasi, mengomunikasikan tujuan dan arahan manajemen, mengelola sumberdaya teknologi informasi, mengelola kualitas, menaksir dan mengelola resiko teknologi informasi, dan mengelola proyek.

Kata Kunci


tata kelola teknologi informasi; plan and organize (PO); tingkat kematangan; COBIT 4.1

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asante, K.K., 2010, Information Technology Strategic Alignment: A Correlational Study Between The Impact of IT Governance Structures And IT Strategic Alignment, Dissertation, Capella University, Published by ProQuest LLC.

Brand, K., Boonen, H., 2005, IT Governance Based on COBIT ®4.1: A Management Guide, Third Edition, Van Haren Publishing.

Debreceny, R. S., Gray, G. L., 2013, IT Governance and Process Maturity: A Multinational Field Study, Journal of Information Systems, Vol.27, No.1, Spring, hal 157-188.

Grembergen, Wim Van., De Haes., 2008, IT Governance Implementation Guide, ITGI.

Huang, R., Zmud, R.W., Price, R. L., 2010, Influencing The Effectiveness of IT Governance Practices Through Steering Committees and Communication Policies, European Journal of Information Systems, Vol 19, hal 288-302.

Hendriadi, A. A., Jajuli, M., T, Kun S., 2012, Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Pada Domain Plan and Organize Di Universitas Singaperbangsa Kararang, Majalah Ilmiah Solusi Uniska, ISSN: 1412-86676, Vol 10, No. 22.

IT Governance Institute, 2007, COBIT 4.1: Framework, Objektif kontrols, Management Guidelines, Maturity Models, ITGI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241