IMPLEMENTASI VECTOR SPACE MODEL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PADA SISTEM PENCARIAN BUKU PERPUSTAKAAN

Dedi Leman, Khusaeri Andesa

Sari


Buku merupakan media informasi yang berguna di dalam perkembangan ilmu pengetahuan, dengan membaca buku akan banyak ilmu yang kita dapat serta informasi yang beragam. Pada perkembangan era informasi saat ini segala jenis buku sangatlah mudah didapat dan beragam jenisnya tanpa membatasi usia. Pada saat ini perpustakaan STMIK-AMIK Riau telah menyediakan beragam buku yang tersedia khususnya bagi mahasiswa. Semakin banyak dan beragamnya buku yang tersedia, mahasiswa STMIK-AMIK Riau yang
ingin membaca ataupun meminjam buku memiliki kesulitan di dalam menemukan buku yang sesuai karana harus mencari pada tumpukan rak-rak yang begitu banyak sehingga buku yang mereka butuhkan tidak ditemukan. Atas dasar permasalahan tersebut timbul sebuah gagasan untuk membangun sebuah sistem mesin pencari yang dapat memberikan pembobotan dari masing masing judul buku yang sesuai dengan kata kunci yang dicari, sehingga akan dapat memilih yang mana buku yang menjadi paling diprioritaskan. Metode Vector Space Model merupakan salah satu alternatif yang dapat diimplementasikan untuk memecahkan masalah ini. Dengan metode Vector Space Model dapat dilihat tingkat kedekatan atau kesamaan dengan cara pembobotan term. Ini adalah suatu metode pembobotan data dengan menghitung jarak antar dokumen. Hasil yang diberikan dari pengujian sistem dengan metode Vector Space Model  memberikan pembobotan pada judul buku, memberikan rekomendasi atau buku yang paling diprioritaskan sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci


Vector Space Model; Mesin pencari; Perpustakaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mohammed Said Abual-Rub, Rosni Abdullah dan Nur Aini Abdul Rashid “ A Modified Vector Space Model for Protein Retrieval.” IJCSNS Vol.7 No.9, Penang, 2007.

Jitendra Nath Singh dan Sanjay Kumar Dwivedi “Analysis of Vector Space Model in Informat ion Retrieval.” CTNGC , Lucknow, 2012.

Giat Karyono dan Fandy Set yo Utomo “ Temu Balik Informasi pada Dokumen Teks Berbahasa Indonesia dengan Metode Vector Space Retrieval Model.” Semant ik, Semarang, 2012.

Fatkhul Amin “ Sistem Temu Kembali Informasi dengan Metode Vector Space Model.” JSIB, Semarang, 2012.

Suciadi Ciptono Rahayu, Ema Rachmawati dan Ade Romadhony “ Implementasi Generalized Vector Space Model pada Pencarian Produk Berbasis Opini Produk.” 2012

Fatkhul Amin“ Implemantasi Search Engine (Mesin Pencarian ) Menggunakan Metode Vector Space Model.” Dinamika Teknik Vol.5 No.1, Semarang, 2011.

Ledy Agusta “ Perbandingan Algoritma Stemming Porter dengan Algoritma Nazief dan Adriani Untuk Stemming Dokumen Teks Berbahasa Indonesia.” IJCSNS Vol.7 No.9, Penang, 2007.

Mardi Siswo Utomo “Implementasi Stemmer Tala pada Aplikasi Berbasis Web.” ISSN Vol.18 No.1, Stikubank, 2013.

Sugiarti Yuni (2013). “Analisis dan Perancangan UML [ Unified Modeling Language ] Generated VB.6.” 1. Yogyakarta: Graha Ilmu. 33-82


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241