PERANCANGAN GAME DESIGN DOCUMENT SERIOUS GAME PERMAINAN TRADISIONAL ANGKLEK SLEMAN YOGYAKARTA

Puji Handayani Putri, M. Suyanto, Hanif Al Fatta

Sari


Berdasarkan BPS DIY Dalam Angka 2013, persebaran penduduk DIY terbanyak  berada di Kabupaten Sleman yaitu sebanyak 1.114.833 jiwa atau sebesar 31,71 %.  Laju pertumbuhan penduduk yang pesat di daerah perkotaan ini berdampak pada penyempitan lahan yang mengakibatkan anak-anak tidak bisa bermain permainan tradisional. Permainan tradisional yang memerlukan lahan luas terancam punah, salah satunya adalah permainan tradisional angklek. Penulis berupaya melestarikan permainan tradisional angklek ke dalam digital game dengan konsep serious game. Diharapkan digital game ini dapat memotivasi generasi muda untuk mengenal aturan permainan dan mempraktekan permainan secara manual di lapangan. Adapun langkah dimulai dari pencarian data, pengolahan data, pra produksi, produksi, dan pasca-produksi dengan menggunakan metode pengembangan Digital Game Based Learning (DGBL-ID). Dalam metode pengembangan DGBL-ID, terdiri atas lima fase yang harus diselesaikan secara berurutan yaitu analysis phase, design phase, development phase, quality assurance, implementation and evaluation. Pengujian difokuskan ke dalam tiga hal utama yaitu verifikasi, validasi, dan eksplorasi. Kelima fase tersebut telah dijabarkan, diimplementasikan dan diuji. Hasil yang diperoleh berupa game design document dan prototipe game, belum game jadi keseluruhan karena terbatasnya waktu penulis dalam menyelesaikan game. Diharapkan ada peneliti lain yang dapat melakukan implementasi game design document secara keseluruhan sehingga hasil akhir yang didapat berupa serious game permainan tradisional angklek sempurna.

Kata Kunci


digital game; serious game; permainan tradisional angklek; game design document; prototipe game

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulrahman 1983 Transformasi Nilai Budaya Melalui Permainan Anak-Anak Betawi di Jakarta. Makalah Diskusi “Pameran dan Peragaan Nilai Budaya”. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional.

Adam, Ernest, Fundamentals of Game Design, 2010. .ISBN 0321643372.

Badan Pusat Statistik., 15 Desember 2014, “Kependudukan Daerah Istimewa Yogyakarta”. Tersedia dalam http://portal.jogjaprov.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2186&Itemid=519.

Depdikbud 1981/1982 Permainan Anak-Anak Daerah

Istimewa Yogyakarta.

Dharmamulya, Sukirman.dkk.2005. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: KEPEL PRESS

Mubashiroh (2013)., 05 Juli 2015 “Gadget, Penggunaan dan Dampak pada AnakAnak”. [pdf]. Tersedia dalam :

http://jurnalilmiahtp.blogspot.com/2013/11/gadget-penggunaan-dan-dampak-padaanak.html

Nafi’ah, afidatun (2013)., 05 Juli 2015 “Budaya, Globalisasi dan Kaitannya dengan Masyarakat”. [pdf]. Tersedia dalam:

http://jurnalilmiahtp.blogspot.com/2013/11/budaya-globalisasi-dan-kaitannyadengan.html

Soeheri and Lendy Rahmadi (2014), Making of Game Design Document Education Game “Bank Sampah”, International Conference on Computer System 2014.

Sulistiyanto, fajar (2010)., 05 Juli 2015 “Pengaruh Dampak Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia”. [pdf]. Tersedia

dalam :http://www.academia.edu/5637105/PENGARUH_DAMPAK_GLOBALISASI_TERHADAP_KEBUDAYAAN

Wahyuningrum, Tenia (2013)., 05 Desember 2014 “Perancangan permainan dakon menggunakan C++ dan GLUT (OpenGL Utility Toolkit) Designing dakon game using C++ and GLUT (OpenGL Utility Toolkit”. [pdf]. Tersedia dalam:

http://jurnal.ump.ac.id/index.php/juita/article/view/467/442 JUITA ISSN: 2086-9398 Vol. II Nomor 3, Mei 2013

Widiastuti N.I dan Setiawan Irawan. (2012)., 05 Desember 2014 “Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo”. [pdf].

Tersedia dalam: http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/memb

angun-game-edukasi.o

Zin, N. A., Jaafar, A., & Yue, W. S. (2009). Digital Game-based learning (DGBL) model and development methodology. Transaction On Computer, VIII (2), halaman 322-333


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241