PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ORIGAMI DENGAN PENDEKATAN ADDIE

Muhammad Rusdi Tanjung, Tri Fitrianingsih Parsika

Sari


Media pembelajaran berbasis multimedia sangat populer digunakan karena dianggap dapat membantu penyampaian materi menjadi lebih menarik dan memancing pengguna untuk belajar secara mandiri. Teknik dan pendekatan pembuatan media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, Metode pembelajaran dengan multimedia bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengajar dan mempermudah siswa memahami materi, salah satunya dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengenalan pembelajaran origami dengan pendekatan ADDIE diharapkan dapat menjadi suatu media penambah ilmu pengetahuan bagi anak-anak maupun tingkat dewasa dalam estetika seni melipat kertas. Hasil evaluasi atas aspek interaktif menunjukkan bahwa aplikasi yang sudah dikembangkan dianggap memenuhi kriteria sebagai aplikasi interaktif, berdasarkan perspektif pengguna, namun dalam penelitian ini tidak dilakukan evaluasi atas materi yang disampaikan.

Kata Kunci


Multimedia; Pembelajaran Interaktif, Origam; ADDIE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hick, S. (1997). Benefits Of Interactive Multimedia Courseware. Retrieved July 10, 2013, from http://httpserver.carleton.ca/~shick/mypage/benifit.html

M. Suyanto. 2003. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

N. Subana, I. D. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vii Semester I Di Smp Tp 45 Sukasada. Jurnal Edutech Vol 1, No 2 (2013) Edisi Juli 2013

Nusir, S., Alsmadi, I., & Al-Kabi, M. (2011). Designing an Interactive Multimedia. 2011 IEEE Global Engineering Education

Conference (EDUCON) – "Learning Environments and Ecosystems in Engineering Education" (pp. 45-51). IEEE

Parekh, R, (2006). Multimedia Application Development. In R. Parekh, Principles of Multimedia (pp.654-655). Tata McGraw-Hill Education.

Peterson, C. (2003). Bringing ADDIE to Life : Instructional Design at Its Best. Journal of Education Multimedia and Hypermedia , 227241.

Sadiman, Arif. S. 2009. Media Pendidikan:

Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo

Persada

Sadiman, Arif. S. 2009. Media Pendidikan

:Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

Thorn, W. J. (1995, April). Points to Consider

when Evaluating Interactive Multimedia.

Retrieved July 10, 2013, from The Internet

TESL Journal: http://iteslj.org/Articles/ThornEvalueConsider.html.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241