ANALISIS E-LEARNING CENTER OBJECT RECOMMENDER UNTUK PERSONALISASI PEMAHAMAN PRIOR KNOWLEDGE
Sari
Pendidikan memiliki tujuan yang ingin dicapai, berdasarkan hal ini semua kegiatan dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan dan keahlian. Penulis mengusulkan Learning Object Recommender Systems yang akan memberikan rekomendasi bahan ajar berdasarkan informasi mengenai prior knowledge mahasiswa. Prior knowledge yang dimiliki mahasiswa dapat diidentifikasi melalui Pre-Test assessment diawal perkuliahan. Kemajuan belajar yang dicapai mahasiswa juga dapat diketahui melalui Mid-Test assessment. Adapun assessment atas keseluruhan topik dalam matakuliah dapat dilakukan melalui Post-Test assessment. Penelitian ini sejalan dengan sistem e-Learning yang telah diimplementasikan di UNPAB yaitu Student Centered ELearning Environment (SCELE) yang dikembangkan dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis open source, yaitu Moodle dan di selaraskan dengan aplikasi edmodo. Dalam proses analisis menggunakan software sipina. Pembelajaran seringkali diasumsikan bahwa mahasiswa memiliki prior knowledge yang sama. Padahal realitasnya tidaklah selalu demikian. Disinilah pentingnya fasilitas Learning Object Recommender (LOR) untuk meningkatkan kualitas. Metodologi penelitian yang digunakan melalui observasi langsung dan penyebaran kuisioner. Terdapat pengaruh penggunaan Learning Object Recommender terhadap learning outcome memahasiswa sebesar 67%. Prior Knowlede merupakan metode yang dilakukan sebagai metode keberhasilan program pembelajaran berbasis E-learning. Tanpa Prior Knowledge tingkat pemahaman mahasiswa tentang E-learning sangat kecil sehingga output ataupun luaran yang dihasilkan sangat kecil dan tidak seperti yang diharapkan.
Kata Kunci
E-Learning; Prior Knowledge; Learning object Recommender
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Nizar, Buku Pedoman Singkat, UAI E-learning System, Pusat Komputer dan Sistem Informasi, UAI, 2009
Permana, Wim, Implementasi E-learning di FMIPA UGM sebagai Motivator Student Centered Learning, 2004
Purbo, Onno W. , “E-learning dan Pendidikan”,2003
Som Naidu, E-Learning Guidebook of Principles, Procedure and Practice, New Delhi, CEMCA, 2006
Tsang,HK. Object - Oriented Technology From Diagram to Code with Visual Paradigm for UML,Tata McGraw-Hill,2005
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241