Pelatihan Macromedia Flash Sebagai Dasar Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Di SMK Bima Utomo Bs

Khairani Puspita, Charles Bronson Harahap, Daifiria Daifiria, Dea Ananda Nurianingsih

Sari


Media yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan informasi materi pelajaran bagi peserta didik pada massa pandemi covid-19 ini haruslah dikemas semarik mungkin agar para peserta didik mudah mengerti dan memahami materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.Dengan media pembelajaran yang dibuat melalui bantuan teknologi multimedia yaitu macromedia flash adalah solusi yang baik dan bagus dikarenakan materi pelajaran dapat ditampilakan melalui animasi 2 dimensi. Selain untuk menyampaikan informasi materi pelajaran, animasi 2 dimensi juga dapat membuat soal-soal ujian seperti soal berganda ataupun soal esay. Adanya pelatihan ini juga akan memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan baru bagi para peserta dimana para peserta dapat belajar dasar membuat animasi 2 dimensi sederhana yang nantinya dapat dikembangkan seperti membuat animasi 2 dimensi video cerita. Pada pelatihan ini, penulis mengajarkan dasar penggunakan macromedia flash dengan dasar pembelajaran animasi 2 dimensi dalam  membuat soal berganda. Menumbuhkan semangat siswa/i dalam berkreatifitas dan inovasi serta meningkatkan prestasi, daya paham siswa/I dan membangun ketertarikan terhadap aplikasi macromedia flash.Tahapan metode pelaksanan yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, mengumpulkan data dan menyiapkan materi yang akan digunakan pada pelatihan. Hasil akhir dari pengabdian kepada masyarkat ini adalah Memberikan tambahan pengetahuan siswa/i mengenai teknik dalam pembuatan media film animasi bahkan media pembelajaran disekolah dengan software Macromedia flash.


Kata Kunci


2 dimensi, Animasi, Macromedia Flash dan Media Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansyah, N. (2013). Macromedia Flash 8. Sekadu: STKIP PGRI Pontianak.

Arsyad, Azhar. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Athiah, U. (2015). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Sistem Saraf Manusia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Banguntapan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55– 61.

Firman, Sari Rahayu Rahman (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Haryoko, Sapto. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audi0-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal UNY. (No. 1 Vol. 5). Hlmn 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.