Pelatihan Penerapan Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Pada Penjualan Produk UMKM

Ismail Ismail, Marwan Marwan, Andri Herlambang, Fikri Arifin

Sari


UMKM Bunda Rasya adalah industri rumah tangga yang bergerak pada bidang proses produksi dalam mengelolah bahan baku pisang dan ubi menjadi suatu produk keripik pisang dan keripik ubi yang akan dipasarkan untuk makanan cemilan masyarakat Indonesia. Sampai saat ini UMKM Bunda Rasya belum memiliki sistem pemasaran, sehingga tidak adanya promosi pada produk yang mereka produksi. Untuk pemesanan keripik juga tidak mengalami peningkatan yang signifikan selama ini, bahkan mengalami sedikit penurunan pada penjualan yang diakibatkan oleh produksi per hari yang menurun. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dalam upaya pemulihan kondisi penjualan UMKM saat ini akibat dampak pandemi Covid-19 yang belum juga selesai, bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tidak meningkatnya pemesanan penjualan adalah karena tidak adanya pemasaran. Sehingga perusahaan sulit mendapatkan konsumen baru, mengingat pentingnya pemasaran pada sebuah bisnis, maka diperlukan suatu susunan rencana strategis untuk menentukan strategi - strategi pemasaran yang tepat pada UMKM Bunda Rasya yaitu dengan metode analisis SWOT. Berdasarkan analisis matrik SWOT yang telah disusun dapat diambil keputusan strategi yang akan dipilih untuk menentukan strategi pemasaran dari empat kemungkinan strategi yaitu: 1. Strategi Strenghts - Opportunity yaitu strategi yang dibuat dengan memanfaatkan seluruh kekuatan dan peluang untuk merebut pasar. 2. Strategi Strenghts - Threats adalah strategi dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman-ancaman. 3. Strategi Weaknesses - Opportunity adalah strategi yang diterapkan dengan memanfaatkan peluang untuk meminimalkan kelemahan perusahaan. 4. Strategi Weaknesses - Threats yaitu, strategi yang didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan dan mengatasi ancaman.


Kata Kunci


UMKM; Strategi Pemasaran; Metode SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Munandar, J. N., Tumberl, A. L., & Soegoto, A. S. (2020). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS KOPI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BLACK CUP COFFEE AND ROASTERY MANADO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).

Rangkuti, Freddy (1999). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). JURNAL ILMU MANAJEMEN, 17(2), 58-70.

Silalahi, S. P. R. (2017). Penerapan Swot sebagai Dasar Penentuan Strategi Pemasaran pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, Kabanjahe. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 1(2).

Siregar, N. (2016). Analisis SWOT Sebagai Dasar Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan PT. Harmony Toba Jaya Medan. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 3(1).

Wicaksono, A. (2017). Strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT tanpa skala industri pada PT X di Jakarta. Jurnal Manajemen industri dan logistik, 1(2), 192-201.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.