Workshop Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Darurat Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

Wisnu Rayhan Adhitya, Dian Kurnia Afiandi

Sari


Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID19) yang menyebar di sebagian besar negara di dunia telah memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Bahkan  bisnis konvensional pun merasakan penurunan pendapatan hingga bangkrut. Namun dengan e-commerce berbeda, e-commerce diharapkan tetap tumbuh meski di tengah pandemi covid19. Pelajar dan Mahasiswa sebagai muda-mudi generasi penerus bangsa memiliki intelektual dan inovasi serta memegang peranan penting dalam penanganan darurat ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang pemanfaatan e-commerce sebagai solusi krisis ekonomi ditengah pandemi Covid-19 melalui webinar pengabdian berskala nasional yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman dasar terhadap e-commerce dan perlunya memulai sesuatu hal yang baru dengan menfaatkan teknologi yang ada serta bagaimana cara menyiapkan langkah-langkah yang efektif efisien. Dengan adanyan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapakn dapat menyelesaikan masalah krisis ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 dengan baik. Tindak lanjut dari kegiatan pengabdiam ini yaitu sebaiknya masyarakat secara berkelanjutan memanfaatkan e-commerce yang dimiliki dapat terkelola dengan baik.


Kata Kunci


Pengabdian; Masyarakat; Workshop

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bhatti, A., Akram, H., Basit, H. M., Khan, A. U., Raza, S. M., dan Naqvi, M. B. 2020. E-commerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Fuhure Generation Communication nd Neworking, 15(2), 1449-1452.

Hasanat, M.W., Hoque, A., Shikha, F.A., Anwar, M., Hamid, A.B.A., dan Tat, H.H. 2020. The Impact of Coronavirus (Covid-19) on E- Business in Malaysia. Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3(1), 85-90.

Husain, H., Mochammad Wahyudi, M Safi’i, Muhammad Zarlis, 2020 Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS) 2020.

Laudon, e-commerce (2014) https://bpptik.kominfo.go.id/2014/12/19/645/e-commerce/.

Pradana, M. 2017. Klasifikasi Bisnis E- Commerce Di Indonesia. Jurnal MODUS, 27(2), 163-174.

Rehman, S. 2018. Impact of Financial Risk, Privacy Risk, Convenience, and Trust on Online Shopping with Mediating Rrole of Consumer Purchase Intention in Pakistan, International Journal of Academic Multidisciplinary Research, 2. 27- 34 Offine. Jurnal Manajemen da Bisnis, 2(1), 200-213.

WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 – 18 May 2021. www.who.int (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-07.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.