PEMANFAATAN GOOGLE FORM PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

Helmi Kurniawan, Yusfrizal Yusfrizal, Edy Victor Haryanto

Sari


Pembelajaran daring akan dilaksanakan oleh seluruh guru disaat kondisi pandemi covid ini, termasuk guru yang mangajar pada Pondok Pesantren (PONPES) PONPES Imam Muslim Serdang Bedagai. Pelaksanaan pembelajaran daring di satuan pendidikan dan bekerja di rumah bagi guru dan siswa sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kegiatan belajar dan mengajar melalui daring atau online tidak mudah dalam pelaksanaannya, karena guru harus menentukan media mana yang sesuai dengan teknologi yang digunakan. Mungkin tidak banyak orang tahu, bahwa pembelajaran daring yang dilakukan seperti saat ini memerlukan energi ekstra bagi guru. Tidak hanya harus mengubah metode pembelajaran yang diberikan, namun guru juga harus beradaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi, seperti perubahan proses penilaian, perubahan cara absen, dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan media yang mudah digunakan oleh siswa dan guru. Diperlukan media yang sangat mudah dibuat dan diaplikasikan kedalam pembelajaran daring. Sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran ini, maka tim pelaksana menyelenggarakan kegiatan pelatihan Pemamfaatan Google Form Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Adapun Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan melakukan pelatihan secara langsung pada tim pengajar Pondok Pesantren (PONPES) PONPES Imam Muslim Serdang Bedagai, memberikan modul pelatihan, dan mendampingi peserta pelatihan dalam membuat latihan untuk penilaian siswa melalui google form. Pada pelaksanan kegiatan ini diikuti oleh guru-guru yang mengajar di (PONPES) PONPES Imam Muslim berjumlah 18 orang, dimana sebagian besar guru-guru yaitu 88% telah berhasil membuat soal latihan pelajaran dengan google form sebagai media penilaian dan evaluasi selama pembelajaran daring dan semua guru-guru yang mengikuti 100% merasa senang. Nilai hasil ini diperoleh dari angket yang diisi oleh guru-guru dari Pondok Pesantren (PONPES) PONPES Imam Muslim Serdang Bedagai


Kata Kunci


Google Form; Pembelajaran; Daring; Pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albitar Septian Syarifudin, Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing, Metalingua, vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020.

Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54-65. doi: 10.32832/tawazun.v13i1.3028

Asmiatun, S., Winarti, T., Putri, A. N., Semarang, U., Hatta, J. S., Kulon, T., Pedurungan, K., Semarang, K., & Tengah, J. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form sebagai Media Ujian Online di SD Negeri Pedurungan Kidul 02 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(2), 93–101.

Febriadi, B., & Nasution, N, Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan, INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(1), 68, 2017. https://doi.org/10.35314/isi.v2i1.119

Ngabidin, M. (2021). Pembelajaran di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Hendti. Yogyakarta: CV Budi Utama


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.