MENINGKATKAN KOMITMEN BELAJAR SISWA MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN DIRI

Eka Purnama Sari, Wisnu Rayhan Adhitya

Sari


Sesuai siklus perkembangan, siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) sewajarnya sudah memiliki tingkat komitmen belajar yang baik. Banyak siswa yang belum memiliki keterikatakn kuat untuk berkomitmen dalam belajar. Komitmen belajar ini sangat penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan plola pikir. Dengan memiliki kesadaran dalam komtimen belajar, siswa tersebut pasti merasa memiliki rasa tanggung jawab untuk memperoleh ilmu dalam belejar. Dalam mengembangkan hal tersebut, siswa harus bisa memanjemen dirinya dengan baik. Manajemen diri merupakan siklus ataupun tahapan yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengatur tindakannya demi hidup yang lebih taratur dan produktif. Hal ini mengandung arti bahwa memanajemen diri dapat mendorong diri untuk lebih maju demi mencapai hal dan mengembangkan aspek kehiidupan yang lebih sempurna lagi.


Kata Kunci


Manajemen Diri; Komitmen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astriyani. (2010). Kemampuan Manajemen Diri Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling di Universitas Negeri Semarang . Unnes University Press .

Gie. (2000). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Pustaka Aksara.

Gunarsa. (2004). Dari Anak sampai Usia Lanjut. Jakarta: Gunung Mulia.

Schein. (2008). Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass.

Terry. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Terry. (2010). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.