PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN BEROBAT DALAM PENGGUNAAN SISTEM REKAM MEDIS PADA PRAKTEK MANDIRI BIDAN SUPIANI

Teddy Surya Gunawan, Mhd. Agung Irnanda, Noor Abdillah, Soeheri Soeheri, Mas Ayoe Elhias Nst, Rahmad Doni

Sari


Sistem rekam medis merupakan sebuah aplikasi yang digunakan dalam pelayanan medis, dimana dengan penggunaan sistem rekam medis data pasien akan tersimpan dan tersususn rapi dalam waktu yang lama, kemudian dengan adanya penggunaan system ini mengurangi biaya penyimpanan berkas dan meminimalisisr ruang penyimpanan berkas. Sebelum penggunaan system rekam medis ini diberikan pihak klinik bidan supiani dalam mendata pasien dengan melakukan pencatatan di sebuah kertas biografi pasien yang mana di kertas tersebut akan tersimpan riwayat berobat dan jenis penyakit yang pernah diderita oleh pasien. Sistem manual tersebut menyebabkan kerumitan dalam pelayanan yang diberikan pada pasien, karena pasien akan menunggu sangat lama dikarenakan administrasi akan melakukan pencarian dan pembongkaran data apabila pasien tersebut sudah pernah berkunjung atau berobat, apabila baru mau berobat administrasi harus mencari no urut dan mencatat nama pasien dan biodata pasien sehingga menimbulkan waktu yang cukup lama dalam proses administrasi.Dengan adanya system rekam medis yang kami berikan pada paraktek umum bidan supiani, sangatlah membantu dalam hal perekaman data, penyimpanan berkas dan sampai pelayanan untuk pasien menjadi lebih cepat dan efisien. Satu hal lagi pihak paraktek umum bidan supiani dapat melaukan rekapitulasidalam satu hari siapa saja yang berkunjung untuk berobat. Hal ini sangat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pihak raktek umum bidan sehingga dapat meningkatkan pelayanan berobat pasien.


Kata Kunci


Praktek umum Bidan Supiani; Sistem Rekam medis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S, R., dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Firdayanti,M.2013.

Perancangan dan Implementasi Rekam Medis Pasien poli umum di RS aisyiyah muhammadiyah padang menggunakan php dan mysql.Padang : Jurusan Sistem Komputer Universitas Andalas Hermono,F.T. 2013.

Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medik Pasien Di Puskesmas Kebonsari. Surabaya : Jurusan Sistem Informasi Universitas Stikom Lestari,E.Tania,K.D.,dan Rahmi L. 2011.

Sistem Informasi Rekam Medik Pada Rumah Sakit Bersalin Graha Rap Tanjung Balai Karimun.Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol.3 No.2 Palembang : Jurusan Sistem informasi Universitas Sriwijaya Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia, 2012.

Definisi Rekam Medis. (http://pormiki.or.id/definisi-rekammedis/)Diakses tanggal 20 Januari 2016 Roger,S.P.,Ph.D.2002. Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta : ANDI Rusli,A. 2006.

Manual Rekam Medis.Indonesia Medical Council. (https://www.academia.edu/7628669/Konsil_Kedokteran_Indonesia_Penyelenggaraan_PraktikKedokteran_Yang_Baik_di_Indonesia). Diakses pada tanggal 20 Januari 2016

Sukamto, Sulistyo,W., dan Suyanto,B. 2012. Sistem Terpadu Rekam Medik Rumah Sakit Dengan Smart Card. Jurnal Informatika,Vol 6 No 1.Semarang : Jurusan Teknik Informatika Universitas Politeknik Wahono, dan Yuliani, N. 2013.

Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Rekam Medis Bagian Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di UPT Puskesmas Pucang Sawit Surakarta. Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, Vol 3 No 2. Surakarta : Jurusan Informatika Universitas Apikes Citra Medika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.