KEBIJAKAN PLAGIARISME

Makalah yang diserahkan ke JURNAL PROPORSI  akan disaring untuk penjiplakan menggunakan  alat pendeteksi plagiarisme. Selain itu kami memeriksa dengan Copyscape untuk plagiarisme. IT JOURNAL akan segera menolak makalah yang mengarah ke plagiarisme atau plagiarisme diri.

Adapun kebijakan plagiarisme JURNAL PROPORSI menuntut penulis untuk menyerahkan makalah dengan plagiarisme < 20%.

"Plagiarisme adalah penggunaan ide atau kata-kata orang lain yang diterbitkan dan tidak dipublikasikan (atau kekayaan intelektual lainnya) tanpa atribusi atau izin, dan menyajikannya sebagai yang baru dan asli daripada berasal dari sumber yang ada. Maksud dan efek plagiarisme adalah untuk menyesatkan pembaca mengenai kontribusi penjiplak, ini berlaku apakah ide atau kata-kata diambil dari abstrak, aplikasi hibah penelitian, aplikasi Institutional Review Board, atau manuskrip yang tidak diterbitkan atau diterbitkan dalam format publikasi apa pun. Plagiarisme adalah kesalahan ilmiah dan harus ditangani seperti itu .

Plagiarisme diri merujuk pada praktik seorang penulis menggunakan bagian-bagian dari tulisan mereka sebelumnya pada topik yang sama di publikasi mereka yang lain, tanpa secara khusus mengutipnya secara formal dalam kutipan. Praktek ini tersebar luas dan kadang-kadang tidak disengaja, karena hanya ada begitu banyak cara untuk mengatakan hal yang sama pada banyak kesempatan, terutama ketika menulis bagian metode artikel. Meskipun ini biasanya melanggar hak cipta yang telah diberikan kepada penerbit, tidak ada konsensus apakah ini merupakan bentuk kesalahan ilmiah, atau berapa banyak kata-kata sendiri yang bisa dituntut seseorang sebelum benar-benar "plagiarisme". Mungkin karena alasan ini plagiarisme diri tidak dianggap sama dengan plagiarisme ide dan kata-kata orang lain. Jika jurnal telah mengembangkan kebijakan tentang hal ini, itu harus dinyatakan dengan jelas untuk penulis. "

Plagiarisme langsung adalah plagiarisme teks. Plagiarisme mosaik adalah meminjam ide dan pendapat dari sumber asli dan beberapa kata atau frasa kata demi kata tanpa memberi kredit pada penulis.


Penulis dapat mematuhi langkah-langkah berikut untuk melaporkan plagiarisme:

 

  1. Beri tahu editor jurnal tempat artikel yang dijiplak diterbitkan.
  2. Kirim artikel asli dan dijiplak dengan bagian menjiplak disorot.
  3. Jika bukti plagiarisme meyakinkan, editor harus mengatur pertemuan disipliner.
  4. Editor jurnal tempat artikel menjiplak harus berkomunikasi dengan editor jurnal yang berisi artikel asli untuk memperbaiki masalah ini.
  5. Plagiarist harus diminta untuk memberikan penjelasan.
  6. Dalam hal tidak ada tanggapan dalam waktu yang ditentukan atau penjelasan yang tidak memuaskan, artikel tersebut harus ditarik secara permanen.
  7. Penulis harus masuk daftar hitam dan daftar hitam untuk mengirim artikel ke jurnal tertentu selama minimal 5 tahun.
  8. Kepala lembaga yang bersangkutan harus diberi tahu.

Plagiarisme dapat dideteksi menggunakan mesin pencari Google atau salah satu dari dua program; iThenticate atau Turnitin.