Nilai Bhineka Tunggal Ika Pada Film Batas (Beda Atau Tak Satu) (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Surya Darma, Rosta Minawati, Novesar Jamarun

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film Batas (Beda atau Tak Satu) dengan teori semiotika model Roland Barthes. Film Batas (Beda atau Tak Satu) merupakan suatu film garapan sutradara M. Reza Pahlevi yang bercerita bahwa tidak adanya saling menghargai antarumat beragama yang satu dengan yang lain seolah-olah arti “Bhineka Tunggal Ika” sebagai citra bangsa Indonesia telah memudar dalam film ini. Islam terombang-ambing dan dituduh sebagai agama yang memecah belah agama lain tanpa terdapatnya bukti yang jelas. Barthes menggambarkan semiotika menjadi dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung. Makna denotasi yang penulis kaji dalam film ini adalah menggambarkan kondisi disuatu pedesaan yang anti akan Islam, sehingga warga muslim yang menetap di desa tersebut akan dibantai, mereka beranggapan bahwa Islam lah yang memecah belah mereka. Makna konotasinya adalah bahwa Islam berbeda atau tak dapat bersatu dengan agama yang masyarakat setempat yakini dengan kata lain masyarakat setempat harus mengusir paksa, bahkan menganiaya warga muslim yang kedapatan tinggal di desa tersebut. Film ini menegaskan mitos, bahwa “Bhineka Tunggal Ika” harus kita junjung dimanapun berada tak lain adalah kerukunan dalam umat beragama, sehingga agama yang satu saling menghargai dengan agama lainya.

Kata Kunci


Film Batas (Beda atau Tak Satu); Bhineka Tunggal Ika;Konotasi; Denotasi Mitos

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah, Khairun, N. (2014). Pesan Moral Islami Dalam Film Tanda Tanya “?” (Analisis Semiotika Model Roland Barthes), Yogyakarta.

Baidhowi. (2009). Antropologi Al-Quran. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Christomy, T. dan Yuwono Untung. 2004. Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.

Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press.

Rusmana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Saputra, Bayu, A. (2015). Representasi Nasionalisme Dalam Film “Gie” Karya Riri Riza (Analisis Semiotika Roland Barthes), eJournal Ilmu Komunikasi, 2015, Vol.3, No.1.

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Taufik, (2016). Analisis Semiotika Pesan Pendidik Dalam Film “3 Idiots” Karya Sutradara Rajkhumar Hirani, eJournal Ilmu Komunikasi, Vol.4, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.1.2017.79-91

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter
slot gacor slot demo slot gacor slot demo situs toto slot gacor slot gacor slot gacor slot deposit pulsa slot gacor slot demo slot gacor data macau slot kamboja slot pulsa slot gacor Slot Gacor 777 Slot demo Slot demo Slot demo slot gacor maxwin slot gacor server thailand slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor Slot Gacor Maxwin