ANALISIS SEMIOTIKA LOGO RUMAH MAKAN PATINKU

John John, Asril Asril, Agung Eko Budi Waspada

Sari


Rumah Makan Patinku yang terletak di Kota Medan,  yang  memiliki ciri khas makanan tradisional dengan produk unggulannya adalah ikan Patin. Logo Rumah Makan Patinku baru diresmikan di pertengahan tahun 2017. Logo yang baru dibuat tersebut berarti Rumah Makan Patinku sudah memiliki identitas yang jelas. Logo yang sudah dibuat dapat dimaknai dengan beberapa penafsiran, salah satunya dengan analisis semiotika Roland Barthes yang lebih menekankan pada pemaknaan denotatif dan pemaknaan konotatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai apa saja yang terkandung di dalam logo Rumah Makan Patinku secara denotatif dan konotatif. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui hasil studi literatur dan wawancara dengan pemilik rumah makan Patinku. Pemaknaan denotatif logo Rumah Makan Patinku dapat dimaknai dengan menerangkan apa saja yang terkandung secara visual dari logo tersebut, sedangkan pemaknaan konotatifnya dapat dimaknai dengan melihat struktur dari logo tersebut untuk menyampaikan visi dan misi Rumah Makan Patinku yang dituangkan ke dalam bentuk logo.


Kata Kunci


Denotatif; Konotatif; Logo; Semiotika Roland Barthes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barthes, Roland. (1985). Petualangan Semiologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Cenadi, C. Suharto. (1999). Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana Vol. 1, No.1, Januari 1999, hal. 1 -11.

Caniago, Ferri. (2012). Cara Mutakhir Jago Desain Logo. Jakarta : Niaga Swadaya.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Putra, A.R. Hadi. (2011). Analisis Makna Visual Logo Bank BJB. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Sari, D.Lia. (2015). Analisis Semiotika Logo Ades, Jakarta : STIKOM ITKP.

Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis.(2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: P.T.Rosdakarya.

Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wong, Wucius. (1986). Principle of Form and Design. New York: Von Nostraid Reinhold.

Yulianti, Frizky. (2011). Komodifikasi Idealisme Feminisme dalam Industri Musik (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Video Klip Beyonce“ Run The World”).Jurnal Komunikator Vol. 3, No.1, Mei 2011, hal. 95-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.1.2017.33-43

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter