ANALISIS SEMIOTIKA LOGO RESTAURAN SRIKANDI

Muhammad Sabri

Sari


Srikandi merupakan sebuah nama tempat penjualan aneka makanan dan minuman dengan konsep lesehan keluarga dan penyajian masakannya yang di kemas seperti masakan desa yang mengutamakan kenyamanan dan kelezatan rasa dari masakan mereka. Penelitian logo restauran Srikandi ini mengunakan konsep semiotika Charles Sander Peirce dengan metode penelitian kualitatif. Logo Restauran Srikandi yang dibuat ini mencirikan identitas dari Restauran Srikandi itu sendiri, garis besar konsep yang di ambil dalam mendesain logo ini adalah lesehan keluarga, rotan, dan daun pisang. Warna yang dipakai pada logo tersebut memiliki tiga warna yaitu coklat, hijau dan putih, warna coklat untuk objek berbentuk sabit, warna hijau untuk hurufnya dan putih sebagai backgroundnya. Logo restauran Srikandi ini memiliki arti kenyamanan, kebersamaan, keluarga, romantis, suasana desa, alami, kebersihan.

Kata Kunci


Logo; Restauran; Semiotika dan Srikandi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset

Barthes, Roland. 1988. The Semiotics Challenge. New York: Hill and Wang

Cobley, Paul & Litza Jansz. 2002. Mengenal Semiotika for Beginners. Bandung: Mizan Media Utama (MMU)

Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra

Eco, Umberto. 1979. Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University press.

Hoed, B.H. 2008. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia.

Martinet, Jeanne. 2010. Semiologi, Kajian Teori tanda Saussuran. Yogyakarta : Jalasutra.

Mulyana, Deddy. 2005. IlmuKomunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wibowo, Indiawan Seto Wahyu. 2011. Semiotika Komunikasi.Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.2.2017.199-205

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter