ASPEK SOSIAL BUDAYA PADA FILM MUTIARA DARI TOBA SUTRADARA WILLIAM ATAPARY

Dani Manesah

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap aspek sosial budaya yang terdapat pada film Mutiara dari Toba sutradara William Atapary berdasarkan tinjauan semiotik. Objek penelitian ini adalah makna aspek sosial budaya yang ada pada film Mutiara dari Toba dengan menggunakan teori semiotik. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan data-data penelitian dalam adegan film Mutiara dari Toba sutradara William Atapary sebagai penanda dan petanda makna asek budaya yang terdapat pada film Mutiara dari Toba sutradara William Atapary. Kebudayaan yang dibangun, dibentuk, dan dimiliki oleh masyarakat dalam film Mutiara dari Toba memiliki kekhasan sendiri. Dalam film Mutiara dari Toba terjadi keragaman bahasa yakni bahasa Indonesia dan menggunakan bahasa Batak Toba. Hasil penelitian aspek sosial budaya yang muncul dalam film Mutiara dari Toba sutradara William Atapary adalah berupa kepercayaan terhadap Tuhan, perasaan dan pikiran terhadap lingkungan sekitar.

Kata Kunci


William Atapary; Semiotika; Danau Toba; Mutiara dari Toba

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arivia.Gadis. 2006. Feminisme: Sebuah Kata Hati. Jakarta : Penerbit Kompas. Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Diana Markimbunan. 1973. Simbol dan Perlambang Warna, Sebuah Pengantar Kriya Seni Memahami Kode dan Lambang dalam Masyarakat. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret. Hal 34

Fomm, Erich. 2001. Akar Kekerasan, Analisis Sosio-Psikologis atas Watak Manusia, hal 146.

Hariyanto. 2009. Gender dalam Konstruksi Media. Jurnal Komunika. STAIN Purwokerto.

Liliweri,Alo. 2005.Prasangka dan Konflik Komunikasi. Yogyakarta.LKis.

Markimbunan.Diana. 1973. Simbol dan Perlambang Warna, Sebuah Pengantar Kriya Seni Memahami Kode dan Lambang dalam Masyarakat. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Manesah, Dani. 2018 Representasi Pesan Sosial Pada Film Mutiara dari Toba sutradara William Atapary. Tesis Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Nugroho, Wahyu. Aspek Sosial Budaya Film Daun Di Atas Bantal Karya Garin Nugroho: Tinjauan Semiotik. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Putra, Inggit Frinsyah. "Representasi Budaya Dalam Iklan (Analisis Semiotika Pada Iklan Mie Sedaap Versi “Ayamku" di Televisi)." Representasi Budaya Dalam Iklan (Analisis Semiotika Pada Iklan Mie Sedaap Versi “Ayamku" di Televisi).

Pradoko, Am Susilo. "Semiotika Guna Penelitian Objek Kebudayaan Material Seni." Imaji 13.2.

Rohandika, Cahyo. 2011. Takut : Kaleidoskop Film Horor Indonesia. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia., hal. 59

Suryanto. 2018 Fenomena Film Berlatar Budaya Batak Toba. Tesis Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Yusuf Amir Pilang. 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Makna. Edisi Keempat. Bandung: Matahari. Hal. 238 – 239.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.2.2017.177-186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter