EKSISTENSI WANITA PADA PENAYANGAN IKLAN DI TELEVISI DALAM IMPLEMENTASI TEORI GENDER

Surya Darma

Sari


Iklan kecap ABC – Jadikan masakan ibu pilihan pertama menampilkan Darius Sianthriya dan Donna Agnesia sebagai brand ambasador pada official channel HeinzABC Indonesia merupakan channel resep dan tips memasak yang membantu ibu-ibu dalam membuat sajian yang lezat untuk keluarga. Website resmi pada channel ini yaitu www.heinzabc.co.id merupakan website dengan penyajian informasi menarik seputar informasi memasak dengan menggunakan merek ABC. Iklan dipandang berhasil apabila mampu menarik minat audience untuk terlibat dalam memahami pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut. Simbol yang terlihat yaitu rasa lapar atau selera makan yang ditunjukkan Suami terhadap Istri dengan memberi Simbol yang ditampakkan pada bahasa dan gerak tubuh Darius dengan ekspresi menghirup udara sambil memejamkan mata. Gender adalah suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang dipandang dari segi sosial budaya. Wanita dalam penayangan iklan kecap ABC – Jadikan masakan ibu pilihan pertama memberi simbol bahwa seorang Istri harus dapat membahagiakan keluarganya dengan cara pandai memasak dan memilih produk yang tepat agar makanan yang dimasak semakin nikmat jika dihidangkan dengan keluarga.

Kata Kunci


Iklan Kecap ABC; Teori Gender; Eksistensi Wanita; Konotasi; Denotasi; Mitos

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Christomy, T. dan Yuwono Untung. (2004). Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta Utara: PT. RajaGrafindo Persada.

Gora Radita. (2016). Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi, Semiotika, 2016, Vol. 10, No. 1, Juni 2016.

Martono, Nanang. (2010). Metode penelitian Kuantitatif Analisa Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mujahidah, (2010). Dinamika Gender dan Peran Perempuan dalam Ekonomi Keluarga, Jurnal Al-Ulum, Vol. 10, No. 1, Juni 2010.

Prianto, Antonius. (2016). Analisis Semiotik Iklan Air Minum dalam Kemasan Aqua Versi “Keluarga Banyu” di Media Televisi, Skriptorium, 2016, Vol. 1, No. 3.

Rahmawati Alvi Septi, et al (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi, Jurnal Ilmu Komunikasi, 2010, Vol. 8, No. 3, September – Desember 2010.

Rusmana, Dadan. (2014). Filsafat Semiotika. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Saifuddin, Achmad, Fedyani. (2005). Antropologi Kontemporer Suatu Pengantar Kritis

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Sopianah, Siti. (2010). Analisis Semiotik Terhadap Iklan Susu Bendera Edisi Ramadhan 1430 H di Televisi, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tenggono, Calvien, Muttaqin. (2016). Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Iklan Rokok Sampoerna A Mild “Go Ahead” di Media Televisi, Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016.

WEBTOGRAFI

https://www.youtube.com/watch?v=J9U1EdZRDYQ : diakses 10 Desember 2018 Pukul 09-10 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.1.1.2015.39-50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter