ANALISIS MISE EN SCENE PADA FILM PARASITE

Triadi Syadian, Evi Oktiana

Sari


Film memiliki dua unsur pokok pembentuk seperti unsur sinematik dan naratif. Aspek sinematik meliputi mise-en-scene atau berbagai hal di depan kamera, aspek editing, aspek sinematografis dan sound, sedangkan aspek naratif meliputi plot dan cerita. Penelitian ini berjudul Analisis Mise En Scene pada Film Parasite. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap mise en scene yang terdapat pada film Parasite. Parasite merupakan sebuah film yang berhasil memenangkan banyak penghargaan oscar di tahun 2020. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori Mise En Scene beserta teori pendukung Semiotika dari Ferdinand de saussure. Sementara objek penelitan pada film Parasite Mise-en-scène  mengacu pada segala sesuatu yang muncul sebelum kamera dan yang arrangement komposisi ,alat, set, actor, peraga, pencahayaan dan kostum. "Mise-en-scène", bersama dengan sinematografi dan penyuntingan film. Berdasarkan hasil Analisa terhadap data yang diperoleh, yakni dapat disimpulkan penerapan mise en scene pada film ini mampu mempengaruhi kebenaran atau kepercayaan di mata penonton. Ekspresi visi film tersampaikan dengan sangat baik, seperti kesan ruang dan waktu, suasana hati, serta menyarankan keadaan pikiran karakter.


Kata Kunci


Mise En Scene, Parasite, Sinematografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Alfathoni, M. A. M. (2019). Mise En Scene dalam Film Lamaran Sutradara Monty Tiwa. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 165-178.

. Bignell., J. 1997. Media Semiotic: An Introduction. England: Manchester University Press.

. Bordwell, David dan Thompson, Kristin. 2008. Film Art: An Introduction (Eight Edition). New York: McGraw-Hill Companies Inc.

. Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

. Danesi, M. 2002. Understanding Media Semiotics. London: Arnold.

. Darma, S. (2020). MISE EN SCENE PADA IKLAN REJOICE INDONESIA DENGAN ANALISIS SEMIOTIKA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 4(2), 159-173.

. Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta Utara: PT.

. Gaol, M. T. L. (2020). Analisis Semiotika Pada Film Parasite Dalam Makna Denotasi Konotasi dan Pesan Moral (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

. Kress, Gunther & Theo van Leeuwen. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.

. Prasista Himawan. 2008. Memahami Film. Cetakan 1. Yogyakarta: Homerian Pustaka RajaGrafindo Persada.

. Rose, G., 2007. Visual Methodologies: An Introduction to Interpretation of Visual Materials, Second Edition. London, England: Sage Publication.

. Sya'dian, T. (2019). Analisis Semiotika pada Film Laskar Pelangi. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.6.2.2021.155-166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter