ANALISIS MAKNA UNSUR NARATIF PADA VIDEO KLIP BTS “ON”

Lasma Uli Situmorang, Muhammad Ali Mursid Alfathoni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terdapat dalam unsur naratif pada video klip BTS “On”. Boyband di Korea Selatan pada masa kini mengharuskan setiap agency yang menaunginya untuk berpikir kreatif agar mampu mempopulerkan trainee yang debut menjadi idola penikmat K-pop. Kepopuleran BTS tidak terlepas dari konsep video clips yang sarat akan makna. Adanya persaingan ketat antar Makna tersebut tercermin dalam elemen struktur unsur naratif yang disusun layaknya cerita dengan maksud tersembunyi dibaliknya seperti yang terdapat dalam video klip lagu “On”. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode tersebut akan dilakukan proses mendeskripsikan makna yang ada dibalik unsur naratif pada video klip lagu “On”. Dalam penelitian ini juga menggunakan teori naratif David Bordwell dan Himawan Pratista yang mencangkup alur/plot, karakter, konflik, dan setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam video klip lagu “On” terdapat makna yang tersembunyi dibalik unsur naratif yang meliputi urutan waktu plot pola linear, konflik, karakter penokohan, dan sebagainya. Video klip lagu “On” yang diproduksi dengan konsep cinematic video tentu elemen naratif tersebut saling berkaitan dalam ruang dan waktu tertentu.


Kata Kunci


Analisis Makna; Unsur Naratif; Video Klip BTS “On”

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armanto, RB. (2013). Skenario Teknik Penulisan Struktur Cerita Film. Jakarta: fakultas film dan televisi institut kesenian jakarta.

Diari, Ni Made Krisna dan Mahyuni, Luh Putu. (2019). Strategi Sukses K-Pop Memasuki Pasar Musik Mainstream: Bighit Entertainment, BTS, dan ‘Army’. Jurnal Manajemen Bisnis, 31-47.

Hermansyah, Muhammad Ivan. (2019). Makna Simbolik Dalam Musik Video Klip Kendrick Lamar “Humble”. Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019 Buku 2: “Sosial dan Humaniora”.

McCudden, Michelle L. (2011). Degrees Of Fandom:Authenticity & Hierarchy In The Age Of Media Convergence. Artikel.Doctor of Philosophy ofCommunication Studies Faculty of the University of Kansas. Kansas: U.S.A.P.

Murwonugroho, Wegig. 2015. Subjektivitas Dalam Iklan Murwonugroho, W., & Pilliang, Y.A. (2015). Subjektivitas Dalam Iklan Ambient Media Miracle Aesthetic Clinic. Panggung, 25(2), 164–176. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.6

Moleong, Lexy J. (1993). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Retno, Novi. (2018). Analisis Lagu Sebagai Penguat Unsur Naratif Pada Film Musikal “Rena Asih”. Jurnal Tugas Akhir, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film, Yogyakarta: Montase Press.

Simbar, Frulyndese K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Jurnal Hoslistik, 1-20.

Wahyuningsi, Suci, dan Budi, Rayudaswati. (2018). Visualisasi Makna Surealisme Pada Video Klip Up And Up (Perspektif Semiotika Charles Sanders Pierce)”. Jurnal Al-Munzir.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.6.1.2020.01-10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter