DIPLOMASI KOMERSIAL JEPANG KE INDONESIA MELALUI PERUSAHAAN MULTINASIONAL JEPANG DI INDONESIA

Sindy Yulia Putri

Sari


Lebih dari setengah abad kemitraan Jepang dan Indonesia sudah dijalin kedua belah pihak. Selama rentang waktu tersebut, berbagai strategi diplomasi telah diimplementasikan Jepang dalam menjalin kemitraan dengan Indonesia. Tulisan ini akan menganalisis diplomasi komersial Jepang ke Indonesia dalam memperkuat eksistensi perusahaan miultinasionalnya di Indonesia. Topik ini diangkat, karena liberalisasi perdagangan dan pembangunan berkaitan erat dengan peran negara dan MNC. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Analisis dari tulisan ini akan menggunakan teori diplomasi komersial. Teori ini cukup komprehensif menerangkan mengenai berbagai aktivitas diplomasi komersial yang mencakup aktivitas perdagangan, investasi, dan pergerakan perusahaan dengan dorongan negara. Melalui proses analisis dan interpretasi data, maka hasil penelitian ini adalah Jepang berupaya mempertahankan eksistensinya sebagai mitra dagang dan bisnis melalui operasionalisasi berbagai perusahaan multinasionalnya di Indonesia. Multinational Corporation (MNC) Jepang menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pelaku usaha di Indonesia hingga akademisi. Hasil penelitian ini penting untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya seputar diplomasi komersial.

Kata Kunci


Diplomasi Komersial; Jepang; Indonesia; Perusahaan Multinasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Yuniarsih, T. (2015). Komitmen Mutu. Buku Aktualisasi PNS. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Jurnal dan Sumber Online:

Afandi, Thohir. Siaran Pers “Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan Dan Pendidikan”. Kementerian PPN/Bappenas. 22 Mei 2017, diakses pada 24 Juli 2020 dari https://www.bappenas.go.id/files/9215/0397/6050/Siaran_Pers_-_Peer_Learning_and_Knowledge_Sharing_Workshop.pdf

Anwar, Djumadi M.. “Sogo Shosha’s Business Philosophy in Indonesia”. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2018, diakses pada 19 Juli 2020 pada https://www.tsukuba-g.ac.jp/library/kiyou/2018/01Djumadi%20M.%20Anwar.pdf

Christian, Michael & Hidayat, Firman. “Dampak Coronavirus terhadap Ekonomi Global”. Perkembangan Ekonomi Keuangan dan Kerja Sama Internasional-Edisi I. Bank Indonesia. 2020.

“Ekonomi Kreatif Outlook 2017”. BEKRAF. 2017, diakses pada 2 Mei 2019 dari https://global.jr-central.co.jp/en/company/data- book/_pdf/2017.pdf

“Factsheet Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)”. Kementerian Perdagangan RI. 2020, diakses pada 20 Juli 2020 dari http://ditjenppi.kemendag.go.id/assets/files/publikasi/doc_20180515_fact-sheet-indonesia-japan-economic-partnership-agreement-ijepa1.pdf

Fukuyama, Mayumi. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society”. Japan SPOTLIGHT, diakses pada 21 Juli 2020 dari https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf

“Indonesia’s Development and Japan’s Cooperation: Building the Future Based on Trust”. Japan International Cooperation Agency (JICA). April 2018, diakses pada 23 Juli 2020 dari https://libportal.jica.go.jp/fmi/xsl/library/public/index.html

Kartawinata, Budi Rustandi & Wardhana, Aditya. “Marketing Strategies and Their Impact on Marketing Performance of Indonesian Ship Classification Society”. International Journal of Science and Research (IJSR) Vol. 4 Issue 2. Februari 2015, diakses pada 02 Juni 2018 dari https://www.researchgate.net/publication/327069490_Marketing_Strategies_and_Their_Impact_on_Marketing_Performance_of_Indonesian_Ship_Classification_Society

“Laporan Informasi Intelijen Bisnis 2018: Food Preparation HS 2106”. ITPC Osaka diakses pada 23 Juli 2020 dari http://itpc.or.jp/wp-content/uploads/2018/10/1.-MB-Food-Preparation-HS-2106-web.pdf

Lee, Donna. “The growing influence of business in U.K. diplomacy”, International Studies Perspective, Vol. 5, No 1 (2004), 50-54.

“Mahasiswa Fisika ITB Menjadi Juara di Ajang Tokyo-Tech Indonesia Commitment Award 2018 di Jepang”. Press Release ITB. 2 November 2018, diakses pada 21 Juli 2020 dari http://www.fi.itb.ac.id/2018/11/02/mahasiswa-fisika-itb-menjadi-juara-di-ajang-tokyo-tech-indonesia-commitment-award-2018-di-jepang/?lang=en

Mizushima, Shigeaki. “2016 Production Forecasts for the Global Electronics and Information Technology Industries”. Japan Electronics and Information Technology Industries Association (JEITA). 16 Desember 2015, diakses pada 18 Juli 2018 dari https://www.jeita.or.jp/japanese/topics/2015/1216/Epfget.pdf

Naray, Olivier. “Commercial Diplomacy: A Conceptual Overview”. Januari 2008. ResearchGate, diakses pada 24 Juli 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/255601282_Commercial_Diplomacy_A_Conceptual_Overview/link/53d759a10cf21cf932c10e1e/download

“Pengembangan Strategi Kemitraan Perguruan Tinggi, Industri, dan Pemerintah di Indonesia”. Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013, diakses pada 23 Juli 2020 dari http://repositori.kemdikbud.go.id/8483/1/ACDP025%20-%20University-Government-Industry-Partnership-Indonesia.pdf

“Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan III Tahun 2018”. Kementerian PPN/Bappenas. 27 Desember 2018, diakses pada 03 April 2019 dari https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/perkembangan-ekonomi-indonesia-dan-dunia-triwulan-iii-tahun-2018/

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024: Indonesia berpenghasilan Menengah-Tinggi yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan”. Kementerian PPN/Bappenas. 2020, diakses pada 24 Juli 2020 dari https://www.bappenas.go.id/files/rpjmn/Narasi%20RPJMN%20IV%202020-2024_Revisi%2028%20Juni%202019.pdf

Ruél, Huub & Zuidema, Lennart. “The Effectiveness of Commercial Diplomacy: A Survey among Dutch Embassies and Consulates”. Netherlands Institute of International Relations ‘Clingendael’. ISSN 1569-2981. Maret 2012, diakses pada 18 Juni 2020 dari https://www.clingendael.org/sites/default/files/pdfs/20120504_cling_research_artikel_discussionpaperindiplomacy_123_ruel_and_zuidema.pdf

“Spring of Integrity: An Introduction to the Sumitomo Groups Company”. Sumitomo Group Public Affairs Committee. 2015, diakses pada 13 Juni 2019 pada https://www.sumitomo.gr.jp/english/act/si/pdf/01_si_eweb.pdf

“UGM dan Komatsu Kolaborasi Riset”. Berita UGM, diakses pada 23 Juli 2020 dari https://ugm.ac.id/id/berita/15676-ugm-dan-komatsu-kolaborasi-riset

Wibisono, Arief. “Prospek dan Tantangan Ekspor Indonesia ke Jepang”. Atase Perdagangan. Kementerian Perdagangan RI. 29 Juni 2020, diakses pada http://intercafe.ipb.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Arief-Wibisono-Bahan-Tayang-Webinar-Atdag-Tokyo-InterCAFE-29-Juni-2020.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/pir.4.2.2020.151-165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Power in International Relations (PIR) . Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.