IMPLEMENTASI ASEAN TOURISM STRATEGIC PLAN (ATSP) DALAM KEBIJAKAN PARIWISATA BAHARI INDONESIA

Haiyyu Darman Moenir, Abdul Halim

Sari


Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia. Hampir 2/3 dari total wilayah adalah laut. Kondisi ini harus dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kapasitas Indonesia baik dalam tatanan regional maupun internasional dalam semua aspek yang menekankan pada kondisi geografis Indonesia. Pariwisata adalah salah satu sektor penting pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla. Melalui NAWACITA, Pemerintah memasukkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang digunakan dalam pengembangan kapasitas Indonesia. Wisata bahari telah menjadi salah satu elemen  dalam kerangka kebijakan pengembangan pariwisata dalam konteks NAWACITA. Artikel ini akan melihat bagaimana implementasi Rencana Strategis Pariwisata ASEAN (ATSP) dalam Kebijakan Indonesia terkait pariwisata bahari . Penelitian ini menggunakan pendekatan implementasi kerangka kebijakan regional yang kemudian diturunkan dalam bentuk kebijakan negara. Temuan yang dicapai dalam artikel ini menunjukkan bahwa indonesia masih belum memaksimalkan wisata bahari yang berpotensi besar dalam sektor pariwisata indonesia dengan berangkat dari temuan terkait kebijakan yang dilakukan dalam pengimplementasian ATSP terkait wisata bahari. 

Kata Kunci


Kebijakan Wisata Bahari Indonesia; ATSP; Kebijakan; Strategis; Implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifuddin dan Ahmad Saebani, Beni. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia. 2009

Amalia, Lady, Efektivitas ASEAN Torism Strategic Plan 2011-2015 di Indonesia, Jurnal Analisis Hubungan Internasional, Vol. 5 No. 1, Februari 2016.

Anonim. 2014c. “Perkenalkan Poros Maritim: Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Jadi Pembicara Utama di APEC” dalam Harian Kompas, No. 126 Tahun ke-50, 6 November 2014.

APCO. 2014. “A Jokowi Presidency: Politics, Government and Business Under Indonesia’s Future President”dalam APCO Worldwide, 24 Juli 2014.

Aziz, Munawir. 2014. “Tantangan Poros Maritim Jokowi” dalam Harian Suara Merdeka, 18 Oktober 2014.

BPPK ASPASAF, “ASEAN Connectivity in Indonesian Context”, Jakarta, Kementerian Luar Negeri RI, 2011

Chheang,Vannarith.”Tourism and Regional Integrastion in Southeast Asia”.Tokyo.IDE-

Chuvyers, Ludo dan Wisarn Pupphavesa. 1996. From ASEAN to AFTA, CAS Discussion Paper No. 46.

Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Republik Indonesia. “Cetak Biru Komunitas Ekonomi ASEAN 2015”. 2009

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Panduan Penelitian Prioritas Nasional Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (Penprinas Mp3ei 2011-2025)”. 2012.

Efendi, Yuventus. Memanfaatkan kerjasama pariwisata ASEAN untuk mendorong industri pariwisata Indonesia

Handayani. R.”Mendongkrak Pariwisata Melalui Ujung Jari”,Rumah Aktualisasi (Agustus 2013)

Hidayat , Acep.Implementasi Kebijakan Pariwisata Dalam Perspektif General Agreement on Trade in Services (GATS) Suatu Studi di Kota Bandung. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. 2003

Hikmat, Harry. “ Paradigma Pembangunan dan Implikasi dalam perencanaan Sosial” Jakarta: Universitas Indonesia. 1995

Inskeep, Edward. Tourism Palinning : Integrated and Sustainable development Approach, Van Nostrand Reinhold, New York. 1991

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2016. Laporan Akuntabilitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2012. Rencana Strategis 2012-2014. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata 2012-2014. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2012

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2016. 2016

Kurniawan , Rahmat A.Kebijakan Pengembangan Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat di sekitar Objek Wisata. Society Jurnal Pendidikan IPS Edisi IX. 2013

Lesnussa . N. ” Pengaruh Citra Keamanan Nasional Indonesia terhadap Jumlah Wisatawan.

Lumaksono, Adi, et al. 2012. Dampak Ekonomi Pariwisata Internasional Pada

Perekonomian Indonesia. Forum Pascasarjana Vol. 35 No. 1, 53-68.

Marsetio. 2014. Sea Power Indonesia. Jakarta: Universitas Pertahanan.

Mclntyre, George. 1993. Sustainable Tourism Development : Guide for Local Planners, WTO, Spain.

Muhamad, Simela Victor. “Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia” dalam Info Singkat Hubungan Internasional, Vol. VI, No. 21/I/P3DI/November/2014. 2014

OECD. The OECD Economic Outlook, Vol. 2014/1. Paris: OECD Publishing. 2014

Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (RIPPARNAS) Tahun 2010-2025

Prayini. Is,”Pengaruh Destination Branding terhadap Tourist Retention. 2016

Rosenau, James N. 1981. The Study of Political Adaptation: Essays on the Analysis of World Politics. New York: Nichols Publishing.

Sofield, “Rethinking and reconceptualizing social and culture in southeast and south asian tourism development”,Oxford,Butterworth Heinemann. 2000

Spillane, James J, Ekonomi Pariwisata : Sejarah dan Prospeknya, Yogyakarta : Kanisius. 1991

Sunario.Indeks Daya Saing pariwisata Dunia tahun 2007 melalui The World Economic Forum.Media Indonesia. 2007

Sutarjo. Kinerja Promosi Kepariwisataan Daerah. Jurnal Kepariwisataan Indonesia. 2016

Thorson, Stuart J. “Adaptation and Foreign Policy Theory” dalam Sage

International Yearbook of Foreign Policy Studies Research Paper No. 18. 1973

UNWTO Tourism Highlights, 2014 and UNWTO Tourism Barometer, Jan. 2015

Wahyudi, H.”Pariwisata, Pengentasan Kemiskinan, dan MDGs”,(UPBJJ-UT Denpasar,2012)

Wisatawan di Indonesia (Studi Kasus : Indonesia Visit Year 2008 )”, 2009

DARING

ASEAN. Plan of action on ASEAN Cooperation in tourism. http://asean.org/?static_post=plan-of-action-on-asean-cooperation-in-tourism

ASEAN Tourism Strategic Plan 2011-2015, http://asean.org/?static_post=asean-tourism-strategic-plan-2011-2015-2

CNN. Jokowi Sebar Ide Poros Maritim di KTT ASEAN, diakses dihttp://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20141113122827-92-11279/jokowi-sebar-ide-poros-maritim-di-ktt-asean/,.

KPU. (2014b). “Jalan Perubahan Untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian: Visi, Misi, dan Program Aksi Jokowi-Jusuf Kalla 2014” dalam www.kpu.go.id,

Tourism Strategic Plan 2011 – 2015 ASEAN. 2012, http://www.resonanceco.com/Library/tourism-strategic-plan-2011-2015/

UNWTO, www.unwto.org

Viva News. Keunggulan wisata Malaysia dari Indonesia. 2015 Diakses melalui http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/320516-11-keunggulan-wisata-malaysia-dari-indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/pir.4.2.2020.166-189

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Power in International Relations (PIR) . Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.