Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal PIR : Power in International Relations?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Berikut Pentunjuk Untuk Penulis:

  1. Penulisan makalah ilmiah yang dapat dimuat adalah yang mengkaji masalah dan hal-hal yang saat ini sedang menjadi Headline dalam bidang ilmu Hubungan Internasional.
  2. Tulisan makalah dapat berupa laporan/hasil penelitian, berupa gagasan, kajian aplikasi teori, tinjauan kepustakaan.
  3. Makalah ilmiah harus memuat bagian abstrak, pendahuluan, pembahasan, kesimpulan dan pustaka.
  4. Nama penulis makalah ilmiah ditulis tanpa gelar dan jabatan, dan tuliskan nama lembaga serta alamat penulis makalah ilmiah atau alamat e-mail.
  5. Makalah ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah ragam ilmiah. Khusus untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, hindari penggunaan kata ganti orang.
  6. Naskah makalah ilmiah ditulis dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran tulisan (font size) 12, jarak spasi 1.5, kertas yang dipergunakan HVS 70 gram, jenis kertas ukuran A4, panjang tulisan minimal 10 halaman dan maksimal 25 halaman termasuk tabel dan gambar serta lampiran.
  7. Penulisan makalah ilmiah tidak menyertakan penulisan bab yang terdapat pada penulisan laporan penelitian.
  8. Penulisan Abstrak (ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia), maksimum panjang penulisan 250 kata, dalam satu paragraf, cetak miring, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian akhir abstrak. Penulisan Abstrak memuat latar belakang, metodologi, hasil dan kesimpulan. Penulisan Abstrak tidak bersifat matematis, tidak berisi saran dan harapan serta tidak ada kutipan. Kata kunci (keywords) adalah kata-kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasi isi dokumen, dapat berupa metode/alat yang dipakai, variabel yang diteliti atau substansi penelitian
  9. Penulisan nama tabel diletakkan di atas tabel disertai dengan penulisan nomor tabel yang berurut dan judul tabel dicetak tebal (Bold) ukuran tulisan (font size) 10.
  10. Penulisan nama gambar diletakkan di kiri gambar disertai nomor gambar yang berurut dan judul gambar dicetak tebal (Bold) ukuran tulisan (font size10).
  11. Penulisan tabel dan gambar dalam format hitam putih.
  12. Penulisan persamaan matematik harus diberi nomor urut dalam kurung biasa (x) dengan penulisan rata kanan.
  13. Setiap makalah diwajibkan untuk mengutip sumber pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah nasional ataupun jurnal internasional.
  14. Setiap kutipan harus menyertakan sumber yang ditulis pada kutipan, yaitu dengan menuliskan nama belakang pengarang pertama (jika pengarang lebih dari satu, dituliskan nama pengarang pertama et al) dan tahun terbit. Contoh: ….. menurut Abdul Kadir (2003), atau …….(Abdul Kadir, 2003) atau S, Winkler et al (2000)
  1. Pustaka disusun secara terurut berdasarkan nama belakang pengarang dan hanya memuat pustaka yang dikutip dalam tulisan. Nama pengarang ditulis tanpa gelar, jika ada nama tengah dan belakang, disingkat. Contoh :

Buku :                                                               

Kadir Abdul(2003), Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta

Deo Narsingh, (1987), Graph Theory With Applications to Engineering and Computer Science, Prentice Hall of India, New Delhi

 

Tulisan/artikel dalam buku :

Bolton, MA: Anker Publisher Inc, 144-158. Yudhana, A(2007), Desain Routing Traffic Jaringan Telekomunikasi Dengan Algoritma Genetik, dalam Wibowo, T.A(Ed), Berbagai Makalah Sistem Informasi

Olanivan, B,A(2004), Computer Mediated Communication as an Instruction Learning Tool: Course Evaluation With Communication Students, in Comeaux, P(Eds), Assessing Online Teaching and Learnin Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2007, Bandung: Departemen Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, 233-238.

 

Jurnal :

Goyal, D.P,(2007), Information Systems Planning Practices In Indian Public Enterprises, Information Management & Computer Security, 15(3), 201-213

 

Sumber Online :

Chen, CC., Wu, J., Yang, SC(2007), The Efficacy of Online Cooperative Learning Systems. The Perspective of Task Technology Fit, diakses pada 20 Mei 2007 dari http://www.emeraldinsight.com/1065-0741.html

 16. Cetakan naskah makalah ilmiah berupa soft copy berformat *.doc (via CD atau email) dikirim ke alamat :

Potensi Utama Information and Communication Technological Research and Development Center (PURTISEN), Jalan K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No. 3 A Telp (061) – 6640525, Fax (061) – 6636830, Tanjung Mulia Medan, E-Mail: csrid-journal@potensi-utama.ac.id, website: http://portalriset.potensi-utama.ac.id/.

  1. Penulisan makalah ilmiah yang dapat dimuat adalah yang mengkaji masalah dengan bidang ilmu Psikologi.
  2. Tulisan makalah dapat berupa laporan/ hasil penelitian, berupa gagasan, kajian aplikasi teori, tinjauan kepustakaan.
  3. Nama penulis makalah ilmiah ditulis tanpa gelar dan jabatan, dan tuliskan nama lembaga serta alamat penulis atau alamat lembaga atau alamat e-mail.
  4. Makalah ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah ragam ilmiah. Khusus untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, hindari penggunaan kata ganti orang.
  5. Naskah makalah ilmiah ditulis  dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran  tulisan (font size) 11, jarak spasi Single, kertas yang dipergunakan HVS 70, jenis kertas ukuran A4, panjang tulisan minimal 10 halaman dan maksimal 16 halaman termasuk tabel dan gambar serta lampiran.
  6. Penulisan makalah ilmiah tidak menyertakan penulisan bab  yang terdapat pada penulisan laporan penelitian.
  7. Penulisan abstrak, maksimum panjang penulisan 250 dalam satu paragraf, cetak miring, dilengkapi dengan kata-kata kunci pada bagian akhir abstak. Penulisan abstrak memuat tujuan penelitian, metodologi dan hasil. Penulisan abstrak tidak bersifat matematis, tidak berisi saran dan harapan serta tidak ada kutipan. Kata kunci (keyword) adalah kata-kata penting yang digunakan untuk mengindentifikasi isi dokumen, dapat berupa metode/alat yang dipakai, variabel yang diteliti atau substansi penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  8. Penulisan nama tabel diletakkan di tengah atas tabel disertai dengan penulisan nomor tabel yang berurut dan judul tabel dicetak tebal (Bold) size 10.
  9. Penulisan nama gambar diletakkan di tengah bawah gambar disertai nomor gambar yang berurut dan judul gambar di cetak tebal (Bold) size 9.
  10. Penulisan tabel dan gambar dalam format hitam putih
  11. Setiap makalah diwajibkan untuk mengutip sumber pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah nasional ataupun jurnal internasional.
  12. Setiap kutipan harus menyertakan sumber yang ditulis pada kutipan, yaitu dengan menuliskan nama belakang pengarang pertama (jika pengarang lebih dari satu, dituliskan nama pengarang  pertama et al) dan tahun terbit.

Contoh:....menurut Abdul Kadir (2003), atau...(Abdul Kadir, 2003) atau S, Winkler et al (2000)

  1. Pustaka disusun secara terurut berdasarkan nama belakang pengarang dan hanya memuat pustaka yang dikutip dalam tulisan. Nama pengarang ditulis tanpa gelar, jika ada nama tengah dan belakang, disingkat. Contoh :

 

Buku :

Wibisono, D. (2003). Riset bisnis, panduan bagi praktisi dan akademisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior. New York: Open University Press

 

Tulisan/ artikel dalam buku:

Maryati. (2007). Faktor Penyebab Cerai Gugat. Studi Kasus di Pengadilan Agama Kota   

Jambi. Majalah Hukum Forum Akademika.

Reis, H. T., Collins, W. A., & Berscheid, E. (2000). The Relationship Context of Human Behavior and Developmennt. Psychological Bulletin.

 

Jurnal :

Asmarany, A. I. (2008). Bias Gender sebagai Prediktor Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Psikologi

Nock, S. L. (2001). The Marriage of Equally Dependen Spouses. Journal of Family Issues.

 

Sumber Online:

Angka Perceraian 2009 Meningkat. (27 Februari, 2010). Diunduh dari: http://www.esq-news.com/2010/02/27/angka-perceraian-2009-meningkat/.tanggal 22 Agustus 2010.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen Microsoft Word dan mengacu kepada template yang disediakan. Template dapat diunduh disini.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Seluruh artikel dijurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah.Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)

Fast-Track Review: 0,00 (IDR)

Penerbitan artikel: 0,00 (IDR)