IMPLEMENTASI NILAI- NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Fitri Yani, Erni Damayanti

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila untuk mendidik mahasiswa dan mahasiswi universitas potensi utama agar membangun sikap toleransi dan menjadi warga Negara yang baik dan cerdas. Metode yang digunakan adalah   deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pancasila yang dimiliki oleh mahasiswa Potensi utama medan harus di wujudkan dalam setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan setiap mata pelajaran pancasila agar menjadi warga Negara yang baik dan cerdas. Implementasi yang sesuai dan ditunjukkan sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu nilai karakter yang religius, peduli sosial, kemandirian, semangat kebangsaan, demokratis, toleransi, dan disiplin. Program penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam Proses Pendidikan dilakukan dengan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin dan kegiatan diluar aktivitas kampus.

Kata Kunci


Implementasi; Pendidikan Pancasila; Toleransi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Cholisin, 2001, CICED ( Center For Indonesia Civic Education)

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kewarganegaran

Elly M. Setiade, Pendidikan Pancasila, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005, Hal 1

Guntur Setiawan, 2004, Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan, Balai Pustaka, Jakarta, Hal 39.

Jhony. I. 2006. Teori dan Metedologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayu Publishing.

Nurdin Usman, 2002, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta, Grasindo, Hal 70.

Pettiferr Dan Nazarko, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Hal 110

Peter M.Marzuki. 2005. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media

Peter. M.M. 2006.Penelitian Hukum. Jakarta : Prenada Media Group.

S. Sumarsono, 2002, Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta.

Solly. L. 1994. Filsafat Ilmu Dan Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Soerjono. S. 2012. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UII Pers.

Soerjono.S dan Sri. M. 2004. Penelitian Hukum Normatif. Cetakan ke- 8. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Peraturan Perundang-Undangan :

Undang-Undang Nomor 22pasal 39 Tahun 2001 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Tahun 2006

Keputusan Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep Tahun 2006 tentang Pendidikan Kewarganegaran.

Website:

Sumber situs: Pengertian Defenisi.Com,Diakses Tanggal 4 Agustus 2018 Jam 17:00 Wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/lex%20justitia.2.1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Lex Justitia

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241