Membangun Sikap Perilaku Remaja Terhadap Kecendrungan Game Online Dalam Mencegah Perilaku Bulliying

Tonna Balya, Fitri Yani, Muhammad Ihsan

Sari


Game online mulai hadir dalam dunia game pada era remaja saat ini, dimana fitur untuk remaja saat ini untuk berkomunikasi menjadi sangat penting dalam sebuah game online tetapi tidak jarang aplikasi komunikasi ini sering digunakan untuk saling membulliying  pemain satu dengan pemain lainnya baik antara teman satu dengan team yang lainnya ataupun dengan musuh atau sering disebut dengan bullying. Kebiasaan bullying yang dilakukan oleh pemain game online akan terbawa dalam kehidupan kesehariannya tanpa terkecuali dengan teman sepermainnya. Bullying chating yang dilakukan akan akan membuat komunikasi interpersonal pemain juga terbawa dalam komunikasi dengan teman-temannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam dan memilih narasumber penelitian yaitu remaja yang biasa melakukan bullying saat main game online di Marelan. Teknik penentuan informan dengan teknik purposive sampling. Metode analsisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini diketahui Komunikasi interpersonal anak pelaku bullying chatting saat main game online tidak memenuhi unsur komunikasi interpersonal seperti konsep diri, kemampuan mendengar, kemampuan mengekspresikan diri, emosi dan membuka diri.

Kata Kunci


Game Online, Bullying, Mencegah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


http://reviandhika95.wordpress.com/2012/10/12/sejarah-dan-perkembangan-game-online/ (diakses pada tanggal 15 November 2013)

http://geghans.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-atau-genre-games-online.html (diakses pada tanggal 15 November 2013)

http://aldinofall.wordpress.com/2010/11/06/cara-mengatasi-kecanduan-game- online/ (diakses pada tanggal 15 November 2013)

Operator warnet 07 desember 2019, Jalan Sutomo ujung Medan. Jam 13.00 WIB

http://sraportofolio.blogspot.com/2012/12/pengaruh-game-online-pada-psikologi- anak.html

http://jambanpanyileukan.blogspot.com/2012/09/kecanduan-games-sama-dengan-adiksi-napza.html

http://kazzuya.wordpress.com/2010/03/09/prosedur-penelitian/

http://www.menulisproposalpenelitian.com/2012/01/beberapa-model-analisis-data-dalam.html

http://berandatugas.blogspot.com/2012/11/laporan-observasi-penelitian- tentang.html

http://iwansulistyo.blogspot.com/2012/04/dampak-negatif-internet.html

http://www.sarjanaku.com/2011/06/pendekatan-kualitatif.html

http://www.newoes.com/dampak-positif-dan-negatif-game-online/

Menurut Daradjat 1968

Journal Volume III. No.1. Tahun 2014

Menurut Kartono 2010

Journal Volume III. No.1. Tahun 2014

Menurut Gunarsa 1991

http://raul-aul7.blogspot.co.id/2010/11/perilaku-menyimpang-pada-masyarakat.html di akses tanggal 29-03-017

Lihat Astuti 2008 ; 3, dalam Ariesto, 2009

Jurnal Pengalaman Intervensi Dari Beberapa Kasus Bullying, Djuwita, 2005 dalam Ariesto 2009.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Bullying Remaja, Dampak Negatif dari Game Online", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/luthfiyahzaf/6288b48cc01a4c1fff011982/bullying-remaja-dampak-negatif-dari-game-online?page=all#section1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/lex%20justitia.4.2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Jurnal Lex Justitia

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241