PERANAN SELF EFFICACY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Oktariani Oktariani

Sari


Self Efficacy memegang peran yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, seseorang akan mampu menggunakan potensi dirinya secara optimal apabila self efficacy – nya mendukung. Self Efficacy sangat mempengaruhi keberhasilan seorang siswa, sebab siswa yang memiliki Self Efficacy memiliki kepercayaan bahwa “ saya bisa” hal ini diiringi dengan semangat yang tinggi dalam mengerjakan setiap tugas belajarnya sehingga dalam setiap kegiatan yang dilakukannya berhasil, sebaliknya untuk siswa yang tidak memiliki Self Efficacy atau memiliki Self Efficacy yang rendah, siswa tersebut memiliki kepercayaan bahwa “saya tidak bisa” hal ini ditandai dengan menghindar dalam mengerjakan banyak tugas, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa ini akan mengalami kegagalan.Siswa dengan self efficacy yang tinggi akan selalu menampilkan perilaku yang lebih aktif dalam belajar dibandingkan dengan siswa yang mempunyai self efficacy yang lebih rendah sehingga hal ini dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Self Efficacy ini perlu dikembangkan atau dipupuk oleh setiap siswa, karena ini akan mempengaruhi siswa dalam kesiapan mereka untuk menerima pelajaran , baik itu pelajaran yang siswa pahami atau juga pelajaran yang sulit siswa pahami, agar siswa tersebut tidak akan mudah putus asa ketika menemukan kendala dalam proses belajarnya. Dengan adanya self efficacy yang tinggi , maka siswa dapat mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, sehingga prestasi belajar akan meningkat . Dengan demikian diharapkan siswa tidak lagi mempunyai anggapan yang negative tentang kemampuan dirinya dalam belajar.

Kata Kunci


Self Efficacy; Prestasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwisol, 2009. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior. New York: Academic Press.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

DEPDIKNAS, Kamus Besar Bahasa Indonesia

Handayani, Febrina dan Nurwidawati, Desi. 2013. Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character, Volume 01, Nomor 02

Maisaroh, 2013. Pengaruh Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Mukhid , Abd . Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan) . Volume 4. Nomor 1. 2009

Ormrod, Jeanne Ellis, 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta, 2 : Erlangga

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.2002

Santrock, John W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika

Slamento. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bhineka Cipta. 2010

Susanti, Try dan Aula, Ussisa . 2016. Hubungan Self Efficacy Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu. http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer, diunduh tanggal 1 November 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.3.1.2018.41-50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.