PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DALAM MEMANTAPKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMA BUDI AGUNG MEDAN

Mirawati Mirawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) layanan bimbingan kelompok dapat memantapkan perencanaan karir siswa SMA Budi Agung Medan (2) kekompakan kelompok dapat memantapkan perencanaan karir siswa SMA Budi Agung Medan, (3) layanan bimbingan kelompok dan kekompakan kelompok dapat memantapkan perencanan kariri siswa SMA Budi Agung Medan. Populasi dalam penelitian seluruh siswa/i SMA Budi Agung Medan yang mengikuti kegiatan Bimbingan Kelompok yang berjumlah 32 orang. Dan sampel 8 orang yang terpilih mewakili populasi. Teknik analisiss data dilakukan dengan uji T berpasangan dan uji regreasi linier. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh siknifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan perencanaan karir siswa SMA Budi Agung Medan. Hal ini terbukti dari data nilai siknifikan yang diperoleh (p) = 0,01< sig (0.,05). (2) terdapat pengaruh signifikan antara kekompakan kelompok  dengan perencanaan karir siswa SMK Budi Agung Medan.hal ini terbukti dari data nilai signifikan yang diperoleh (p) = 0,02 <sig (0,05), (3) layanan bimbingan keloompok dan kekompakan kelompok dapat memantapkan perencanaan karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Karna berdasarkan uji regresi yang dilakukan terbukti bahwa nilai signifikan probabilitas ( p) (0,016)<0,05. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan kekompakan kelompok dalam memantapkan perencanan karir siswa SMA Budi Agung Medan.


Kata Kunci


layanan bimbingan kelompok; kekompakan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. Abu. H. Drs.2009. Psikologi Sosial Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi (1997), prosedur penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2003 Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Christina. A. Silaen. Hubungan Antar Pemanfaatan Layanan Bimbingan Karir Dengan Perencanaan Karir pada Siswa Kelas XII SMUN-4 Medan.Fakultas Psikologi USU 2008. (Skripsi).

Dwiyanto Achmad O,S.Psi,M.Si & Pramudhita Ayu Amalia. 2012. Hubungan antara Kohesivitas Kelompok dan Komitmen organisasi pada Karyawan. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Endi, 2009. Peranan Sekolah dalam karer.http//www.endi.peranan-sekolah dalam karier. Di Akses 20 Maret 2013

Hadi, S (2000). Metodologi penelitian (jilid 1). Yogyakarta: ANDI

Hanifan Akbar dan Tamhidi 2010. Jurnal Kecenderungan pemilihan karir berdasarkan gaya belajar pada siswa SMA Kelas XII Fakultas Psikologi USU

Hurlock, E. B (2004).psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima).Jakarta:Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.3.1.2018.11-22

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.