PENGARUH HARGA TERHADAP PERSEPSI KUALITAS PRODUK

Nurvica Sari

Sari


Dalam memilih sebuah produk, konsumen tentunya memiliki faktor penentu dalam menentukan produk yang dibeli atau dikonsumsi. Ada berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi, seperti rasa, bentuk kemasan, warna, desain, sampai dengan faktor sentimental lainnya. Kualitas juga menjadi salah satu penentu apakah konsumen akan membeli suatu produk. Dalam memilih produk, kualitas akan menjadi pertimbangan konsumen saat akan menentukan pilihannya (Eva Inayah, 2016). Berbicara mengenai kualitas, seringkali sebuah kualitas produk dikaitkan dengan harga. Tidak jarang konsumen akan berpikir jika sebuah produk berkualitas tinggi pastilah tinggi pula harganya. Harga sering kali dianggap sebagai indikator nilai, bilamana harga tersebut dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa yang pada tingkat harga tertentu apabila manfaat yang dirasakan konsumen meningkat, maka nilainya akan meningkat pula (Yulia Purnamasari, 2015). Berdasarkan hal tersebut peneliti mengambil hipotesa bahwa ada pengaruh harga atau pelabelan harga terhadap persepsi kualitas produk. Metode penelitian bersifat metode penelitian eksperimen dengan desain One Group Post test design. Pada rancangan ini subjek penelitian akan diberikan perlakuan untuk menguji hipotesa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Potensi Utama berjumlah 15 orang.

Kata Kunci


Harga; Persepsi; Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bilson, Simamora. 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable.Edisi pertama. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Bei, L.T dan Chiao, Y.C., 2001. An Integrated Model for The Effects of Perceived Product, Perceived Service Quality, and Perceived Price Fairness on Consumer Satisfaction and Loyalty. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour. No 14 pp.125-140

Durianto, Darnadi, dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-12.PT Indeks, Jakarta.

Lomboan Leonika Korce. 2017. Analisa Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Persepsi Nilai Terhadap Niat Beli Konsumen dalam Kain Tradisional. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 17 No.01 tahun 2017.

Luftiani, Inayah Eva. 2015. Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Pada Produk Merek Toko. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, Yulia. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JIP). Volume 5 Nomor 1 tahun 2015. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Zainal Mustafa. 2009. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Zeichmester, Jeanne S. 2007. Research Methods in Psychology. New York : McGraw Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.2.2018.113-121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.