HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN

Oktariani Oktariani

Sari


Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara Self Efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan Self Regulated Learning pada mahasiswa universitas potensi utama. Dimana yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Potensi Utama dengan sampel sebanyak 131 mahasiswa. Dengan pengambilan sampel melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari tiga skala yaitu skala Self Efficacy, skala Dukungan sosial teman sebaya dan skala Self Regulated Learning. Metode analisa data yang digunakan adalah Analisis Regresi berganda. Diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Self Efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan Self Regulated Learning mahasiswa Universitas Potensi Utama. Dengan nilai F= 9,511 dan nilai p = 0,000. Self Efficacy memberikan kontribusi terhadap Self Regulated Learning sebesar 9,3 %. Dukungan sosial teman memberikan kontribusi terhadap Self Regulated Learning sebanyak 7,3 %. Self Efficacy dan dukungan sosial teman sebaya terhadap Self Regulated Learning sebanyak 12,9 % hal ini berarti masih terdapat 87,1 % faktor lain yang dapat mempengaruhi Self Regulated Learning. Dari hasil tersebut maka diharapkan untuk Pihak Universitas Potensi Utama Medan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal mengelola Self Efficacy ke arah yang lebih baik, membangun suasana kondusif yang mengarah pada dukungan sosial teman sebaya, dan menciptakan kondisi pembelajaran yang mengarahkan mahasiswa belajar mandiri.


Kata Kunci


Self Efficacy; Dukungan Sosial Teman Sebaya; Self Regulated Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adicondro, Nobelina & Purnamasari, Alfi. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Psikologi. Humanitas,Vol. VIII No.1

Aimah, Siti dan Ifadah, Muhimatul, 2014. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa.www.jurnal.unimus.ac.id

Alwisol, 2009.Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Ardilla, Isna, 2012. Komputer Statistik SPSS ( Statistical Product And Service Solution). Medan : UMSU

Azmi, Shofiyatul. 2016. Self Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. 2nd Psychology & Humanity

Azwar, S. 2004. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

________. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

________. 2014. Penyusunan Skala Psikologi .Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bandura, A. 1997.Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company. Baron, R dan Bryne, D. (2003). Psikologi Sosial: Edisi Kesepuluh Jilid I. Penerjemah: Ratna Djuwita, Melania Meitty Parman, Dyah Yusmina, Lita P. Lunanta. Jakarta : Erlangga

Bukhori, B. (2012). Hubungan Kebermaknaan Hidup dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kesehatan Mental Narapidana (Studi Kasus Nara Pidana Di Kota Semarang). Jurnal Ad Din. 4. 1-1

Fasikhah, Siti Suminarti, dan Fatimah, Siti. 2013. Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. JIPT.Vol. 01, No. 01

Fauziah Nur Inayatul. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Regulated LearningPada Siswa SMP Homeschooling dari www.ilib.usm.ac.id/sipp/doc/jurnal/F.111.08.0019201511060730444.NurInayatul.pdf, diunduh 12 Januari 2017

Feldman, Papalia. 2008. Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.

Hadi, S. 2006.Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi

Hadi, S dan Pamardingsih,Y. 2000. Seri Program Statistik.Program SPS-2000.

Hilman. 2002. Kemandirian remaja yang tinggal di panti asuhan ditinjau dari persepsi pelayanan sosial dan dukungan sosial. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Hergenhahn, B.R & Olson, Matthew H. 2009.Theories of Learning, Edisi KeTujuh.Jakarta : Kencana

Kurniawan, Aris, 2016. Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinyadari http://www.gurupendidikan.com/pengertian-mahasiswa-menurut-para-ahli-beserta-peran-dan-fungsinya/, diunduh 12 Januari 2017

Lubis, Zulkarnain, 2012. Penggunaan Statistika Dalam Penelitian Sosial.Medan : Perdana Publishing

Latipah, Eva. 2010. Strategi Self Regulated Learningdan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi, Vol.37.

Maisaroh, 2013.Pengaruh Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Mahmudi Faisal , MayangsariMarina Dwi, RachmahDwi Nur,2015Hubungan Peer Attachment Dengan Self Regulated Learning Pada Siswa Boarding School. Jurnal Ecopsy, Volume 2, Nomor 1, April 2015

Mulyana E, Bashori K, Dan Mujidin , 2015 . Peran Motivasi Belajar, Self-Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self-Regulated Learning pada Siswa.Psikopedagogia,Universitas Ahmad Dahlan , Vol. 4, No.1

Papalia, Diane E, et al. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana

Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru.Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Ormrod, Jeanne Ellis, 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta, 2 : Erlangga

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana

________. 2011. Educational Psychology. New York : McGraw-Hill

________. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika

________. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta : Andi

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Yogyakarta : Graha Ilmu

Taniredja, T ; Mustafidah, H. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung : Alfabeta

Tarsidi, Didi. tth. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura.dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND.LUAR_BIASA/195106011979031DIDI_TARSIDI/Makalah%26Artikel_Tarsidi_PLB/ TEORI_KOGNITIF_SOSIAL.pdf, diunduh tanggal : 23 Januari 2017

Utami, Karina Restu Dwi, Pingkan C.B.Rumondor, S.Psi, M.psi. 2015. Perbedaan Self Regulated LearningAntara Mahasiswa Tingkat Awal (2015) Dan Tingkat Akhir (2013) Di Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara. Jurnal Psikologi

Wade, Carole ; Travis, Carol. 2007. Psychology, 9thEdition. Jakarta : Erlangga

Zimmerman, Barry J. 1989. A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning.Journal of Educational Psychology, Vol. 81

________. 1990. Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. Lawrance Elbaum Associates,Inc.

Zumbrunn, Sharon. 2011. Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), Virginia Commonwealth University.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.2.2018.98-112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.