HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN

Fenty Zahara

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial, dimana sebagai subjek dalam penelitian ini adalah para mahasiswa di Universitas Potensi Utama Medan yang berjumlah  65 orang. Berdasarkan kajian teoritis yang ada dalam Bab II, maka diajukan hipotesis penelitian yang berbunyi: terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri, maka semakin baik interaksi sosial. Sebaliknya, semakin rendah kepercayaan diri, maka semakin buruk interaksi sosial. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi-Product Moment, dimana berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial, dimana rxy = 0,498 ;  Sig < 0,010. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri, maka interaksi sosialnya semakin baik. Sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri, maka interaksi sosialnya semakian buruk. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. Koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,248. Ini menunjukkan bahwa interaksi sosial dipengaruhi oleh kepercayaan diri sebesar 75,2% pengaruh dari faktor lain terhadap interaksi sosial dimana faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak dilihat, diantaranya adalah faktor imitasi, faktor sugesti, faktor identifikasi, faktor simpati, faktor motivasi dan faktor  empati. Hasil lain yang diperoleh dari penelitian ini yakni para mahasiswa di Universitas Potensi Utama memiliki kepercayaan diri yang cenderung tinggi, kemudian dalam hal interaksi sosial, para mahasiswa tergolong yang juga cenderung baik.

Kata Kunci


Kepercayaan diri; interaksi sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 1997. Metode Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara

________. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. 1999. Manusia Sikap dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 1992. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Boeree, George, C, Dr. 2006. Dasar – Dasar Psikologi. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Chaplin, C.P. 1989. Kamus Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Djaali. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung. PT. Refika Aditama.

Hadi, S. 1991. Metodologi Research. Jilid II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hadi, S. dan Pamardiningsih, Y. 2000. Manual SPS (Seri Program Statistik). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Irwanto, A.H. 1994. Psikologi Umum. Buku Panduan Anggota. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Utama

Purwanto. N. 1990. Pendidikan Psikologi. Bandung : Remaja Karya.

Rusyan, A. Tabrani, dkk. 1992. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. II. Bandung: CV Remaja Rosdakarya.

Sentosa, Selamat. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bina Askara.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugianto. 1988. Informasi Tes. Diktat.

Suryabrata, S. 1982. Pengantar Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.2.2018.77-87

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.