PERAN TEKNIK SHAPPING WITH SUCCESSIVE APROXIMATIONS DALAM MENINGKATKAN PERILAKU MENYELESAIKAN TUGAS PADA SISWA SD YANG MENGALAMI MOTIVASI RENDAH

Hanifa Laura Dalimunthe

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku menyelesaikan tugas pada siswa SD yang mengalami motivasi rendah dengan menggunakan teknik shaping with successive approximations. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan subjek tunggal. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan grafik visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik shaping with successive approximations dapat meningkatkan peilaku menyelesaikan tugas pada siswa SD yang mengalami motivasi rendah.


Kata Kunci


Motivasi rendah; teknik shaping with successive approximations; perilaku menyelesaikan tugas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lee,S.(2005). Encyclopedia of School Psychology.New Delhi; Sage Pubilcation.

Reiss, S. (2009). Six Motivational Reasons for Low School Achievement. Child Youth Care Forum Journal. 38:219–225.

Santrock, J.W (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Tri Wiboowo B.S. (pen) Jakarta: Pranada Media Group.

Sundel, M. & Sundel, S. (2005). Behavior Change in The Human Service. London : Sage Publications.

Martin, G & Pear, J.(2003). Behavior Modification, What it is and How To Do It. Seventh Edition.New Jersey:Pearson Education International.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.65-76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.