KEMATANGAN SOSIAL SISWA KELAS XII DI SMK TI SWASTA BUDI AGUNG DITINJAU DARI KEYAKINAN DIRI AKADEMIK DAN JENIS KELAS

Mirawati Mirawati

Sari


Penelitian bertujuan untuk menguji hubungan antara keyakinan diri akademik dan kematangan sosial kejuruan siswa kelas XII di SMK dan untuk mengetahui perbedaan kematangan sosial berdasarkan jenis kelas ( TKR dan TSM). Skala kematangan sosial kejuruan dan skala keyakinan diri akademik digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa kemanjuran akademik yang lebih tinggi, kematangan sosial yang lebih tinggi. Itu juga menemukan bahwa kontribusi efektif dari keyakinan diri akademik untuk kematangan sosial adalah 26,1%

Kata Kunci


Kematangan sosial; Keyakinan diri akademik; jenis kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adeyemo, D.A. 2007. Moderator Influence of Emotional Intelligence on the Link Between Academic Self Efficacy and Achiecvement of University Students. Psychology and developing Societies, 19(2), 199-213.

Azwar, S.2005. Idasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A.1997. Iself Efficacy the Exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company

Santrock,J.W 2003. Adolescence perkembangan Remaja Jakarta:Erlangga

Dewi, R.K. 2000. Kepercayaan Diri dan Kecenderungan Menyontek Pada Remaja Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Ratna Yudhawati,Dany Haryanto, 2011, Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustaka Raya

Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd. Supervisi Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Dr. Heri Rahyubi, M.Pd. 2012, Teori-teori belajar dan aplikasi Pembelajaran Motorik , Bandung :Penerbit Referens

Paul C.Cozby 2009, Methods in Behavioral Research, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Rojewski,J.W 2005 occupational Aspiration:Constructs, Meaning, and Application In S.D.Brown & R.W Lent, Carieer Develpoment and Coundeling putting Theory and Research to work (pp.353-381)New Jersey:John Wiley and Sons Inc.

Seligman, L. 1994. Development career Counceling and Assessment. 2nd ed Thousand Oaks:sage

Zimmerman, B.J. 1995. Self Efficacy and Educational Development. Dalam Albert.B., self-Efficacy in changing Societies. New York:Cambridge University Press.

Winkel, W.S & Hastuti, S.2004. Bimbingan karier di Institusi pendidikan. Jakarta: Media Abadi.

Anastasi, A, & Urbina, S. Tes Psikologi jilid 2 Jakarta.

Donni. 2007. Program pengembangan Remaja Mandiri Melalui Sekolah Unggul. Available FTP: http://www.damandiri.or.id/detail.php?id=503, di akses 21 januari 2009

Kurniati, E.D. 2006. Hubungan antara keyakinan Diri Akademik dengan kecemasan menghadapi persaingan mencari kerja pada Mahasiswa Semester Lima Program Diploma III (DIII) Program Akutansi, Program Studi Keuangan Daerah, dan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi ( Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Undip.

Patton, W & Creed, P. 2003. Predicting two Components of Career Maturity in School- Based Adolescents. Journal of career Development, 29 (4), 277-290.

Komandyahrini, E. 2008. Hubungan Self Efficacy dengan Kematangan dalam Memilih Karier Siswa Program percepatan Belajar. Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas, 2 (1), 1-12

Rice F.P. 1993. Adolescent Development, Relationship, and Culture 7th ed. Massachussetts: A Division of Simon & Schuster.

Rojewski, J.w. 2005. Occupational Aspiration: Contructs, Meaning, and Application. In S.D. Brown & R.W Lent Career Development and Counceling Putting Theory and Research to Work ( pp. 353-381). New Jersey: John Wiley and Sons Inc.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Donni. 2007. Program Pengembangan Remaja Mandiri Melalui Sejolah Unggul. Available FTP: www://. Damandiri.or.id/detail.php?id=503, di akses 21 Januari 2009.

Furhrmann, B.S. 1990. Adolescence Adolescents 2 ed. London: Scott, Foresman/Little, Brown Higher Education.

Hayadin. 2006. Pengambilan keputusan untuk profesi pada siswa jenjang pendidikan Menengah ( Survei pada SMA,MA, dan SMK di DKI Jakarta), jurnal pendidikan dan kebudayaan, 59 (12), 383-394.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Buku pedoman Penyelenggaraan Kelas Imersi Propinsi Jawa Tengah. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dian Ratna Sawitri. ( 2009). Pengaruh Status Identitas dan Efikasi Diri keputusan karir terhadap keraguan Mengambil Keputusan Karir Mahasiswa Tahun pertama di Universitas Diponegoro, jurnal psikologi Undip, vol 5, no 2 desember 2009.

Ormrod, Jeanne Ellis (2008) psikologi pendidikan ( Alih bahasa: Amitya Kumara). Jakarta: Erlangga.

Santrock ( 2010). Psikologi pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D Bandung Alfabeta.

Usap Suparman (2010). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan Kematangan Karir siswa SMA. Thesis tidak diterbitkan: FIP UPI.

Marsh, H.W. Smith, I. D.Barnes, J 1985. Multidimensional self- Concepts: Relation With Sex and Academic Achievement, jurnal of Educational Psyshology, 77, 55-64.

Mc Auley,E, Talbot, Martinez, S.1999 Manipulating Self Efficacy in the Exercise Emvironment in women: Influences on Affective Responses. Health Psychology, 18, 288-294.

Prasetyorini, A.E 2004. Perbedaan penyesuaian diri Remaja Awal Ditinjau dari keikutsertaan Ekstrakulikuler Musik. Skripsi ( tidak diterbitkan )Semarang : Program studi psikologi Fakultas kedokteran Universitas diPonegoro.

Sugiyono. 2005 Statistik untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Vembriarto, S.T.1993. sosiologi pendidikan. Jakarta: BPK Gunung Agung.

Jonni Kincher, Psikologi untuk Anak dan Remaja II ( Psychology for kids II),Batam : KARISMA

Dewi, R.K. 2000. Kepercayaan Diri dan Kecenderungan Menyontek Pada Remaja Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Ratna Yudhawati,Dany Haryanto, 2011, Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustaka Raya

Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd. Supervisi Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Dr. Heri Rahyubi, M.Pd. 2012, Teori-teori belajar dan aplikasi Pembelajaran Motorik , Bandung :Penerbit Referens

Paul C.Cozby 2009, Methods in Behavioral Research, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas , Yogyakarta: Penerbit Diva Press

Sujana, Y.E. 1993. Hubungan antara kecenderungan pusat kendali Interval dengan Intensi Menyontek. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Prof. Pupuh Fathurrohman, M.Sobry Sutikno,M.pd, Strategi Belajar Mengajar,Bandung 2007: Penerbit Refika Aditama.

Fishbein, M.and Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Researh. Sidney : addison-Wesley Publishing Company.

Hadi, S.1995. Metode Research. Jilid II Yogyakarta :Andi Offset

Yuanes Indarto,2003. Hubungan antara Orientasi Penguasaan dan Orentasi Performansi dengan Intensi

Anderman, E.M, Griesinger, T., and Westerfield, G. 1998, Motivation and Cheating During Early Adolescence. Journal of Educational Psychology,90,1,84-93.

Agatha, 1999. Awass ‘Virus’Nyontek. Info Aktual Muda. Th.1,No.18,10 juli,1-3

Azwar, S. 1995. Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jonni Kincher. Psikologi untuk Anak dan Remaja II ( Psyhology for kids II)2006, Batam KARISMA Publishing Group.

Azwar, S.1997. Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar,S.2004. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S.2000, Reliabilitas dan Validitas ( Edisi ke-3, cetakan ke-2 ) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Woolfolk. 2009, Educational Psychology Active Learning Edition.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta

Ajzen I. 2005. Attitudes personality and behavior New York: Open University Press

Amstrone. T.2003, Setiap Anak itu Cerdas, Jakarta : Gramedia

Carver, C.S. and Scheier, M.F. 1998. On the self- Regulation of Behavior. Cambridge : Cambridge University Press.

Dr.H.Mahmud, M.Si.2010, Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.15-29

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.