MENINGKATKAN HARGA DIRI MELALUI PEMBERIAN REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI INTENSITAS MENYONTEK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 064015 MEDAN

Mirawati Mirawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui pemberian Reinforcement terhadap peningkatan harga diri siswa, (2) untuk mengetahui pemberian Reinforcement  terhadap pengurangan intensitas menyontek pada mata pelajaran Matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah pertama apakah pemberian Reinforcement dapat meningkatkan harga diri siswa, dan yang kedua apakah pemberian Reinforcement  dapat mengurangi intensitas menyontek pada mata pelajaran matematika.Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 064015, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) analisis data yang di gunakan teknik uji-t dengan Paired Samples Test yang merupakan statistik parametris yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif. Instrumen penelitian dengan menggunakan skala Harga diri dan lembar observasi intensitas menyontek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama ada pengaruh pemberian Reinforcement terhadap meningkatnya harga diri siswa ( t = 18.820, p<0,05), kedua ada pengaruh pemberian Reinforcement terhadap pengurangan intensitas menyontek ( t = 3,475, p <0,05)


Kata Kunci


Kematangan sosial; Keyakinan diri akademik; jenis kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderman, E.M, Griesinger, T., and Westerfield, G. 1998, Motivation and Cheating During Early Adolescence. Journal of Educational Psychology,90,1,84-93.

Agatha, 1999. Awass ‘Virus’Nyontek. Info Aktual Muda. Th.1,No.18,10 juli,1-3

Azwar, S. 1995. Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jonni Kincher. Psikologi untukAnak dan Remaja II ( Psyhology for kids II)2006, Batam KARISMA Publishing Group.

Azwar, S.1997. Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar,S.2004. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azwar, S.2000, Reliabilitas dan Validitas ( Edisi ke-3, cetakan ke-2 ) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Woolfolk. 2009, Educational Psychology Active Learning Edition.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta

Ajzen I. 2005. Attitudes personality and behavior New York: Open University Press

Amstrone. T.2003, Setiap Anak itu Cerdas, Jakarta : Gramedia

Carver, C.S. and Scheier, M.F. 1998. On the self- Regulation of Behavior. Cambridge : Cambridge University Press.

Dr.H.Mahmud, M.Si.2010, Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Jonni Kincher, Psikologi untuk Anak dan Remaja II ( Psychology for kids II),Batam : KARISMA

Dewi, R.K. 2000. Kepercayaan Diri dan Kecenderungan Menyontek Pada Remaja Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Ratna Yudhawati,Dany Haryanto, 2011, Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Prestasi Pustaka Raya

Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd. Supervisi Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Dr. Heri Rahyubi, M.Pd. 2012, Teori-teori belajar dan aplikasi Pembelajaran Motorik , Bandung :Penerbit Referens

Paul C.Cozby 2009, Methods in Behavioral Research, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas , Yogyakarta: Penerbit Diva Press

Sujana, Y.E. 1993. Hubungan antara kecenderungan pusat kendali Interval dengan Intensi Menyontek. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Prof. Pupuh Fathurrohman, M.Sobry Sutikno,M.pd, Strategi Belajar Mengajar,Bandung 2007: Penerbit Refika Aditama.

Fishbein, M.and Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Researh. Sidney : addison-Wesley Publishing Company.

Hadi, S.1995. Metode Research. Jilid II Yogyakarta :Andi Offset

Yuanes Indarto,2003. Hubungan antara Orientasi Penguasaan dan Orentasi Performansi dengan Intensi Menyontek. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.1.2.2017.165-179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.