PENGENDALIAN EMOSI DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA PADA SISWA USIA REMAJA DI SMA UTAMA MEDAN

Fenty Zahara

Sari


Penelitian ini memilki tujuan untuk melihat perbedaan pengendalian emosi dilihat dari pola asuh orangtua. Subjek penelitian adalah para siswa usia remaja di SMA Utama Medan, duduk di kelas XI berjumlah 59 orang. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus Analisis Varians, diketahui bahwa terdapat perbedaan pengendalian emosi antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif, dengan F = 5,354 dengan p = 0,007 < 0,050. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan yang berbunyi ada perbedaan pengendalian emosi antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif, diterima. Selanjutnya dengan melihat nilai rata-rata diketahui bahwa siswa yang diasuh dengan pola asuh demokratis, memiliki pengendalian emosi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif.

Kata Kunci


Pengendalian Emosi; Pola Asuh Orangtua

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, M.C. 1990. Studi Hubungan Antara Kestabilan Emosi Pengemudi dengan Timbulnya Kecelakaan Lalu Lintas di Komando Resort Kota 961 Yogyakarta. Intisari Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Ahmadi, dkk. 2004. Psikologi Umum. Surabaya : PT. Bina Ilmu.

Albin, S.R. 1995. Emosi. Bagaimana Mengenal, Menerima dan Mempraktekkannya. Yogyakarta : Kanisius.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Chaplin, C.P. 2003. Kamus Lengkap Psikologi. Penterjemah Kartini Kartono. Jakarta : Rajawali Pers

Elva. 1999. Perbedaan Disiplin Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi UMA.

Fitriawati. 2006. Hubungan Antara Religiusitas dengan Pengendalian Emosi Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Medan.

Goleman, D. 2006. Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, S.D., & Gunarsa, Y.S.D, 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta : P.T. BPK Gunung Mulia

Hadis. 2000. Mengelola Emosi. Jakarta : PT. Widya Sarana Indonesia.

Hariyono, R. 2000. Mengatasi Rasa Cemas.Jawa Timur : Pustaka Pelajar.

Howard, M. 1990. Orangtua Membimbing. Jakarta: Bina Aksara.

http://awidyarso65.files. wordpress. com

Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Mappiare, A. 1983. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.

Munandar, S.C.U. 2000. Keluarga Kecil Dampak Kerja Terhadap Pengasuhan dan Pendidikan Anak. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia..

Santrock. 2002. Remaja dan Permasalahannya. http://www.e-psikologi/remaja/ 280809

Shapiro, L.E. 2001. Mengajarkan Emotional Intellegence Pada Anak. Terjemahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijokongko, M. 2002. Keajaiban dan Kekuatan Emosi. Yogyakarta : Kanisius.

www.mindscapecenter.com




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.1.2.2017.94-109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.