HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KECEMASAN BERTANYA DI DEPAN KELAS DI SMP BUDI AGUNG MEDAN

Mirawati .

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dengan kecemasan bertanya di depan kelas. Ada 3 hipotesis yang diajukan:1). Terdapat hubungan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi terhadap kecemasan bertanya didepan kelas. 2) terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan bertanya di depan kelas. 3). Terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan kecemasan bertanya didepan kelas. Menguji hasil dengan regresi. Berdasarkan analisis data diperoleh : 1) terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan motivasi berprestasi dengan kecemasan bertanya di depan kelas. Hal ini di tunjukkan dengan koefisien F = 14,525 dimana p<  0.050, 2) sumbangan variabel kepercayaan diri ( XI) terhadap kecemasan bertanya didepan kelas (Y) adalah sebesar15,8 % 3). Sumbangan variabel motivasi berprestasi ( X2) terhadap kecemasan bertanya di depan kelas (Y) sebesar 15%. Selanjutnya hubungan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 19,6 % terhadap kecemasan bertanya di depan kelas. Hal ini mengindikasikan bahwa kepercayaan diri yang tinggi dan motivasi berprestasi belajar yang tinggi akan mengurangi kecemasan bertanya di depan kelas. Dari hasil ini juga diketahui bahwa masih ada 80,4 % faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kecemasan bertanya di depan kelas pada siswa SMP Budi Agung Medan.

Kata Kunci


Kepercayaan Diri; Motivasi Berprestasi, Kecemasan Bertanya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annida, Edisi Oktober, 2009). Saatnya Tampil PD. Jakarta : Majalah Annida Cool, Edisi Oktober Hlm. 91.

Angelis, B.D. 2002. Percaya diri sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

As’Ad,M. 1987. Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty

Arikunto,S.(2006). Manajemen Penelitian. Jakarta PT.Rineka Cipta.

Azwar,S. 1992. Sikap Manusia dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty

Azwar,S.1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Liberty

Buck, (1988). http: www.goegle.com// need achivement diakses tanggal 10 desember 2010

Burgon dan Ruffiner (1978) Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Cetakan pertama Jakarta: Puspa Swara

Centi, P. J. (1993). Mengapa rendah diri. Kanisius : Jakarta.

Djaali, H. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Djaali, H. (2000). Psikologi pendidikan. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. (1992). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta.

Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan : perkembangan peserta didik. Bandung : Pustaka Setia

Gage, N. L & Berliner, D. C. (1992). Educational psychologi. 5th ed. Boston : Houghton Mifflin Company.

Gunarsa, S. D & Gunarsa, Yulia. S. D. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia

Davidson dan Neale,(1990) Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Daradjad, Z.(1982) Managemen Stres, Cemas dan Depresi Jakarta : Bali penerbit :Fakultas Kedokteran UI.

Gunarsa,D.S. 1996 Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta BPK : Gunung Mulia

Hadi, S.(1930 Teknik Penyusunan Skala Ukur.Yogyakarta : Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Hanafi,A.1984. Memahami Komunikasi Antara Manusia. Surabaya : Usaha Nasional

Howard, M. 1989. Orangtua Membimbing. Jakarta : Bina Aksara

Hurlock.E.B.1999. Psikologi Perkembangan (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Martaniah, S.M 1984 Motif sosial Remaja Suku Jawa dan Keturunan Cina Di Beberapa SMA Yogyakarta. Yogyakarta, Gajah Mada Universitas Press.

Masitah, (2007) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Sikap Penerimaan Ibu Yang Memiliki Anak Retardasi Mental DI YPAC cab. Medan. Skripsi tidak diterbitkan).Medan Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Myers,D.G.2000. social psychology.Fifth Edition. Boston: McGraw Hill

Petri, ( 1981). http: www.e-Psikologi/remaja/24090.htm Di akses tanggal 06 Nopember 2010.

Rahmat,J. 1998. Psikologi Komunikasi Bandung: Remaja Karya

Robbins, (1998) Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Weiner(1985),http:www/class.ufi.education.Di akses tanggal 06 Nopember 2010

Apollo. (2005). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3, 46-63.

Gunarsa, S. D & Gunarsa, Yulia. S. D. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia

Sarwono, S. W. (1984). Perkawinan remaja. Jakarta: PT. Sinar Agape Press

Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 1. Yogyakarta: Kanisius

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Tresnawati, F. L. (2001). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri pada siswa kelas 3 IPS SMUN 15. Jakarta Utara. skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Persada.YAI.

Woolfolk, A. E. (1993). Educational psychologi. 4th ed. Englewood Cliff New Jersey : Prentice Hall Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.1.1.2016.12-23

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.