PERBEDAAN PERILAKU MENCONTEK DITINJAU DARI KONSEP DIRI PADA SISWA/I SMA DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR SSC MEDAN

Nurvica Sary, Dhinnie Maretha Disky, Dina Apriliya Pulungan, Suryati Sianipar

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku mencontek ditinjau dari konsep diri.Sampel penelitian berjumlah 80 siswa/i sekolah menengah atas (SMA) yang berada di lembaga bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC) Medan.Alat ukur yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala yang disusun dari aspek perilaku mencontek dan konsep diri. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesa menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan perilaku mencontek ditinjau dari konsep diri pada siswa SMA , dengan nilai t= 2.878 dan  (p > .05). Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya konsep diri atau positif- negatif nya konsep diri tidak berpengaruh pada perilaku mencontek siswa. Secara umum, hasil penelitian ini menyatakan bahwa siswa SMA memiliki konsep diri yang negative dimana nilai rata-rata hipotetiknya sebesar 135, lebih besar daripada nilai rata-rata empirik yaitu sebesar 130,68. Sementara itu perilaku mencontek yang dialami siswa tergolong rendah, dimana nilai rata-rata empirik nya sebesar 11,15, lebih kecil daripada hipotetiknya yaitu sebesar 22,5.


Kata Kunci


Perilaku mencontek; Konsep diri; Siswa/i SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Cahyani, dkk. 1999. Gaya Kelekatan dan Kemarahan. Jurnal Psikologi no.2. hal 65-77.

Durkin, K. 1995. Developmental Social Psychology. Massachusets: Blackwell Publisher Inc.

Fernald, L.D & Fernald P.S. 1999. Introduction to Psychology (5th ed). India : A.I.T.B.S. Publisher & Distributors.

Gage, N.L & Berliner, D.C. 1990. Educational Psychology (3th ed) Boston : Houghton Miffin Company.

Hurlock, E.B. 1998. Psikologi Perkembangan. Cetakan Kelima. Jakarta: Erlangga.

Nashori, H.F.2004. Peranan Kualitas Tidur terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Insan Vol 6 no.3 Desember 2004.

Rahmat, J. 1991. Psikologi Komunikasi. Edisi revisi. Bandung: PT. Rosda Karya.

Septian & Solicha. 2017. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mencontek Pada Pelajar dan Mahasiswa di Jakarta. JP3I Vol.VI no.1

Sujana, YE & Wulan, R. 1994. Jurnal Psikologi. Tahun XXI no.2 Desember 1994. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Woolfolk, A.E. 1993. Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.3.1.2018.65-77

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.